KEPADATAN POPULASI KERANG BULU (Anadara sp.) DI MUARA SUNGAI DADAPAN, KECAMATAN SEDATI, KABUPATEN SIDOARJO, JAWA TIMUR = POPULATION DENSITY OF BLOOD COCKLE (Anadara sp.) IN RIVER ESTUARY DADAPAN, SEDATI SUB-DISTRICT, SIDOARJO, EAST JAVA.

RYAN ADHI TRIATMAJA, 141311133230 (2018) KEPADATAN POPULASI KERANG BULU (Anadara sp.) DI MUARA SUNGAI DADAPAN, KECAMATAN SEDATI, KABUPATEN SIDOARJO, JAWA TIMUR = POPULATION DENSITY OF BLOOD COCKLE (Anadara sp.) IN RIVER ESTUARY DADAPAN, SEDATI SUB-DISTRICT, SIDOARJO, EAST JAVA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.40-18 Tri k ABSTRAK.pdf

Download (184kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.40-18 Tri k SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kabupaten Sidoarjo mempunyai potensi perikanan terutama jenis Anadara. Spesies Anadara sp. termasuk ekonomis penting dan umumnya mendiami substrat yang lunak. Kerang bulu dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan antara lain sebagai bahan makanan sumber protein. Potensi terbesar adanya kerang bulu (Anadara sp.) terdapat di muara Sungai Dadapan. Kepadatan populasi adalah jumlah individu satu jenis biota dalam satuan ruang dan waktu tertentu. Kepadatan populasi dapat juga dinyatakan sebagai jumlah individu per satuan luas. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepadatan populasi kerang bulu (Anadara sp.) di muara Sungai Dadapan, Kecamatan Sedati, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Metode Penelitian pengambilan data menggunakan survei dengan metode purposive sampling. Lokasi pengambilan sampel kerang bulu (Anadara sp.) dilakukan pada satu lokasi di muara sungai Dadapan. Pada setiap zona terdapat 3 stasiun dan disetiap stasiun terdapat 5 ulangan yang dilakukan dengan waktu 1 kali per bulan dari bulan Januari hingga Maret 2017. Kepadatan total kerang bulu (Anadara sp.) berdasarkan bulan pengamatan dari zona Dadapan menunjukkan bahwa jumlah individu yang diperoleh selama pengambilan sampel pada bulan Januari (0,69 ind/m2), Februari (0, 44 ind/m2) dan Maret (0,5 ind/m2). Kepadatan total kerang bulu (Anadara sp.) pada zona Dadapan dari bulan Januari sampai Maret 2017 jumlah individu hasil tangkapan kerang tertinggi diperoleh pada bulan Januari (0,69 ind/m2) sedangkan terendah pada bulan Februari (0,44 ind/m2). Kepadatan tertinggi pada bulan Januari diduga terkait dengan musim yang mempengaruhi kualitas perairan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.40/18 Tri k
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
RYAN ADHI TRIATMAJA, 141311133230UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKustiawan Tri Pursetyo, S.Pi., M.Vet.UNSPECIFIED
Thesis advisorRr. Juni Triastuti, S.Pi., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2018 23:50
Last Modified: 06 Mar 2018 23:50
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70438
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item