PERKEMBANGAN STADIA AWAL LARVA KERAPU CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus DENGAN PEMBERIAN Brachionus plicatilis YANG DIPERKAYA KOMBINASI MINYAK IKAN DAN MINYAK CUMI = THE EARLY LARVAL STAGE DEVELOPMENT OF TIGER GROUPER × GIANT GROUPER Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus LARVAE GIVEN Brachionus plicatilis ENRICHED WITH FISH AND SQUID OIL COMBINATION

DWI MIRNASARI, 141311133145 (2018) PERKEMBANGAN STADIA AWAL LARVA KERAPU CANTANG Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus DENGAN PEMBERIAN Brachionus plicatilis YANG DIPERKAYA KOMBINASI MINYAK IKAN DAN MINYAK CUMI = THE EARLY LARVAL STAGE DEVELOPMENT OF TIGER GROUPER × GIANT GROUPER Epinephelus fuscoguttatus × Epinephelus lanceolatus LARVAE GIVEN Brachionus plicatilis ENRICHED WITH FISH AND SQUID OIL COMBINATION. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.41-18 Mir p ABSTRAK.pdf

Download (367kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.41-18 Mir p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 7 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kerapu cantang merupakan kerapu hibrid hasil persilangan antara kerapu macan betina dan kerapu kertang jantan. Salah satu permasalahan dalam pembenihan kerapu secara umum, yaitu perkembangan stadia awal larva kerapu yang lambat. Hal ini disebabkan Brachionus plicatilis sebagai pakan alami yang diberikan pada larva kerapu memiliki kandungan EPA dan DHA yang rendah. Salah satu cara untuk meningkatkan nutrisi tersebut adalah dengan proses pengkayaan menggunakan kombinasi minyak ikan dan minyak cumi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengkayaan B. plicatilis dengan kombinasi minyak ikan dan minyak cumi terhadap kecepatan perkembangan larva kerapu cantang dan untuk mengetahui pengaruh pengkayaan B. plicatilis dengan kombinasi minyak ikan dan minyak cumi terhadap pertumbuhan panjang mutlak (L) larva kerapu cantang. Penelitian ini menggunakan Uji T dengan dua perlakuan. Perlakuan dalam penelitian ini yaitu pemberian B. plicatilis tanpa pengkayaan (P0) dan B. plicatilis dengan pengkayaan kombinasi minyak ikan dan minyak cumi (P1) yang diberikan pada larva kerapu cantang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengkayaan B. plicatilis dengan kombinasi minyak ikan dan minyak cumi dapat mempercepat perkembangan larva kerapu cantang, khususnya terhadap perkembangan spina dorsalis dan spina ventralis yang terbentuk lebih awal pada hari ke tujuh (D7) dibandingkan larva kerapu cantang dengan pemberian B. plicatilis tanpa pengakayaan yang baru terbentuk pada hari kedelapan (D8). Pengkayaan B. plicatilis dengan kombinasi minyak ikan dan minyak cumi juga dapat mempercepat pertumbuhan panjang mutlak (L) larva kerapu cantang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.41/18 Mir p
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
DWI MIRNASARI, 141311133145UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWoro Hastuti Satyantini, Dr., Ir., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorEndang Dewi Masithah, Dr., Ir., M.P.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 06 Mar 2018 23:57
Last Modified: 06 Mar 2018 23:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70439
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item