PENGARUH KARAKTERISTIK, SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU WUS TERHADAP NIAT DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DI PUSKESMAS ALUN-ALUN KABUPATEN GRESIK

EMULIANA SULPAT, 101414153021 (2018) PENGARUH KARAKTERISTIK, SIKAP, NORMA SUBYEKTIF, DAN KONTROL PERILAKU WUS TERHADAP NIAT DETEKSI DINI KANKER SERVIKS DI PUSKESMAS ALUN-ALUN KABUPATEN GRESIK. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
TKM. 26-18 Sul p Abstrak.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
TKM. 26-18 Sul p.pdf
Restricted to Registered users only until 9 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Onset laktasi adalah salah satu indikator terjadinya fase laktogenesis II yang di ukur dengan persepsi ibu kapan ibu merasakan payudara terasa keras, penuh atau berat dan sampai air susu atau kolostrum keluar, pemberian awal air susu ibu (ASI) sangat penting karena banyak memberikan manfaat bagi ibu dan bayi, minggu pertama setelah persalinan merupakan masa kritis dalam pembentukan ASI, pada masa ini ibu dan bayinya belajar menyusui. Proses awal laktasi tidak selalu berjalan dengan baik, adakalanya ibu dan bayi mengalami berbagai kendala yang menghalangi atau menyulitkan proses laktasi, terutama merupakan pengalaman pertama bagi ibu primipara yang memiliki tingkat pengetahuannya yang rendah tentang laktasi sehingga menghambat praktek pemberian ASI. Penelitian ini dilakukan untuk mengidentifikasi onset laktasi dan menganalisis pengetahuan, paritas dan metode persalinan pada ibu postpartum di RS DKT Gubeng Pojok Surabaya. Alat ukur kuesioner pengetahuan telah divalidasi dengan nilai r > 0,514 dan reabilitas dengan nilai alpha 0,779 Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan pedekatan kohor prospektif. Teknik pengambilan sampel menggunakan systematic random sampling dengan sampel sebanyak 50 responden Analisis multivariable menggunakan regresi logistik ganda dengan α = 0,05. hasil analisis menunjukan: pengetahuan (p=0,026;RR=15,396), paritas (p=0,024;RR=7,227), dan metode persalinan (p=0,021; RR=11,324) Kesimpulan penelitian pada analisis multivariabel pengetahuan, paritas dan metode persalinan memiliki hubungan dengan onset laktasi, sedangkan IMD tidak berhubungan dengan onset laktasi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKC KK TKM. 26-18 Sul p
Uncontrolled Keywords: Onset Laktasi, Pengetahuan, Paritas. Metode Persalinan, IMD
Subjects: R Medicine > RC Internal medicine > RC0254 Neoplasms. Tumors. Oncology (including Cancer)
Divisions: 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Magister Ilmu Kesehatan Masyarakat
Creators:
CreatorsNIM
EMULIANA SULPAT, 101414153021UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorM. Bagus Qomaruddin, Dr., Drs., M.ScUNSPECIFIED
Thesis advisorWindhu Purnomo, Dr., dr., M.SUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 08 Mar 2018 16:17
Last Modified: 08 Mar 2018 16:17
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70464
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item