REPRESENTASI IDENTITAS KOTA JAKARTA DALAM MUSIK VIDEO BANGKUTAMAN ‘ODE BUAT KOTA’

Ida Ayu Putu Devi Savitri, 071411531001 (2017) REPRESENTASI IDENTITAS KOTA JAKARTA DALAM MUSIK VIDEO BANGKUTAMAN ‘ODE BUAT KOTA’. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.02 18 Sav r.pdf

Download (60kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.02 18 Sav r.pdf
Restricted to Registered users only until 12 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.02 18 Sav r.pdf

Download (267kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini berfokus pada representasi identitas Kota Jakarta dalam music video Bangkutaman ‘Ode Buat Kota’. Yang menjadi pertanyaan dalam rumusan masalah adalah mengenai identitas Kota Jakarta dalam musik video Bangkutaman. Dengan melihat latar belakang Bangkutaman sebagai musisi indie, maka identitas Kota Jakarta yang digambarkan melalui musik video, merupakan gambaran alternatif yang diberikan oleh Bangkutaman. Di dalam musik video tersebut, Bangkutaman menuangkan sebuah ide dan harapan mengenai Kota Jakarta. Yang menjadi keunikan adalah Bangkutaman tidak hanya memberikan gambaran alternatif terhadap Kota Jakarta tetapi memberikan fakta yang bertentangan antara running text dan latar suasana suasana dan tempat Kota Jakarta yang turut serta di dalam musik video tersebut. Metode yang digunakan adalah semiotika John Fiske yang terdiri dari tiga level, yaitu realitas, representasi, dan ideologi. Serta menggunakan pendeketan kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Tinjauan pustaka yang digunakan adalah Identitas Kota dan Budaya, Musik Video Sebagai Medium Transmisi Budaya, Band Indie dan Musik Alternatif, Identitas Kota dalam Musik Video, dan Semiotika Studi Tanda dan Representasi. Representasi identitas Kota Jakarta dalam musik video Bangkutaman ‘Ode Buat Kota’ menjadi sebuah gambaran alternatif terhadap identitas Kota Jakarta. Bangkutaman memberikan gambaran terkait dengan identitas Kota Jakarta melalui landmarks yang berada di sana, permasalahan tata kota yang terpusat sehingga menimbulkan permasalahan seperti kemacatan, banjir, dan tidak keteraturan wilayah, ruang terbuka hijau dan pembangunan infrastruktur kota, serta nilai historis Kota Jakarta. Setiap bahasan tersebut menunjukkanbahwa Bangkutaman berusaha memunculkan sebuah kritik dan harapannya terhadap Kota Jakarta melalui medium alternatif sebuah musik video.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.02/18 Sav r
Uncontrolled Keywords: Representasi, Identitas Kota, Jakarta, Musik Indie, Bankutaman
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > GN Anthropology > GN451-477.7 Intellectual life Including communication, recreation, philosophy, religion, knowledge, etc.
M Music and Books on Music > M Music > M1627-1853 Folk, national and ethnic music
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Ida Ayu Putu Devi Savitri, 071411531001UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorNisa Kurnia Illahiati, S.Sos., M.Med.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Mar 2018 18:58
Last Modified: 11 Mar 2018 18:58
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70576
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item