DWI TRISANA WARDANIS, 101511123123 (2018) ANALISIS PENGARUH ELEMEN 12C MARKETING TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN PELAYANAN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT BEDAH SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (54kB) | Preview |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 13 March 2021. Download (1MB) |
Abstract
Perkembangan teknologi mengakibatkan adanya pergeseran era pemasaran menjadi horizontal. Perubahan tersebut memungkinkan terbentuknya akses kepada pelanggan untuk berinteraksi, berpartisipasi dan menyalurkan aspirasi secara langsung. Era pemasaran horizontal dikenal dengan istilah new wave marketing yang terdiri dari elemen 12C yaitu elemen communitization, confirming, clarifying, codification, co-creation, currency, communal activation, conversation, commercialization, character, caring, collaboration. Kegiatan pemasaran berbasis pasien yang mengacu pada elemen pemasaran era terbaru telah diupayakan oleh Rumah Sakit Bedah Surabaya. Namun, upaya pemasaran yang dilakukan belum berdampak terhadap peningkatan kunjungan rawat inap, dimana tren kunjungan dari tahun 2014-2016 menurun sebanyak 22%. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh dari elemen 12C marketing terhadap keputusan pasien untuk menggunakan pelayanan rawat inap di Rumah Sakit Bedah Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian observasional analitik dengan desain penelitian dilakukan secara cross-sectional. Sampel penelitian berjumlah 36 orang dimana sampel merupakan pasien yang sedang dan pernah melakukan rawat inap di Rumah Sakit Bedah Surabaya dan berusia ≥17 tahun. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara dan hasil dianalisis menggunakan uji regresi logistik untuk mengatahui pengaruh antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa elemen yang berpengaruh terhadap keputusan pasien untuk melakukan rawat inap di Rumah Sakit Bedah Surabaya adalah elemen confirming, communal activation dan commercialization. Elemen confirming memiliki nilai p= 0,046, elemen communal activation dengan nilai p=0,020 dan elemen commercialization dengan nilai p=0,013. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat 3 elemen dari 12 elemen yang berpengaruh terhadap keputusan pasien untuk menggunakan pelayanan rawat inap yaitu elemen confirming, communal activation dan commercialization. Sebaiknya Rumah Sakit Bedah Surabaya perlu melakukan optimalisasi terhadap elemen 12C marketing dengan melakukan identifikasi terhadap komunitas yang memiliki relevansi dengan visi dan tujuan Rumah Sakit Bedah Surabaya dan menggerakkan aktivis yang ada dalam komunitas sehingga dapat memasuki segmen pasar baru dan lebih luas.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK FKM 104/18 War a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | healthcare service marketing, purchasing decisions, 12C marketing elements | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 12 Mar 2018 23:44 | ||||||
Last Modified: | 12 Mar 2018 23:44 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70652 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |