ANALISIS KEBERHASILAN PENERAPAN ISO 9001 :2000 PADA PT KERTAS LECES (PERSERO) MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA DENGAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI PARAMETER

SIGIT PRIBADI, 040217560 (2006) ANALISIS KEBERHASILAN PENERAPAN ISO 9001 :2000 PADA PT KERTAS LECES (PERSERO) MENGGUNAKAN PENDEKATAN SIX SIGMA DENGAN BIAYA KUALITAS SEBAGAI PARAMETER. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2006-pribadisig-3243-a27506-k.pdf

Download (337kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
7066a.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Persaingan dunia usaha yang semakin ketat menuntut perusahaan untuk meningkatkan kualitas produknya. Dalam usaha untuk meningkatkan kualitas produknya, perusahaan harus memiliki sistem manajemen mutu yang baik dan terstandarisasi. ISO 9001:2000 merupakan sertifikasi sistem manajemen mutu perusahaan. Penerapan ISO 9001:2000 dapat memberikan kerangka kerja bagi perbaikan berlanjut dan meningkatkan kemungkinan peningkatan kepuasan pelanggan dan kepuasan pihak berkepentingan yang lain. Penerapan sistem manajemen mutu yang telah terstandarisasi (ISO 9001:2000) diharapkan kualitas produk yang dihasilkan akan meningkat, sehingga kepuasan pelanggan juga meningkat. PT Kertas Leces (Persero) telah menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001:2000 sejak tahun 2002. Dengan adanya penerapan ISO 9001:2000 tersebut, seharusnya telah terjadi perbaikan kualitas pada PT Kertas Leces (Persero). Penerapan ISO 9001:2000 seharusnya mampu memperbaiki kinerja internal dari PT Kertas Leces (Persero). Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui keberhasilan ISO 9001:2000 dalam meningkatkan kualitas pada PT Kertas Leces (Persero). Keberhasilan ISO 9001:2000 diukur dengan menandingkan antara biaya yang dikeluarkan perusahaan dalam menciptakan kualitas (biaya kualitas) dengan kinerja perusahaan yang dinyatakan dalam kapabilitas sigma. Selain itu, perubahan distribusi relatif biaya kualitas juga dianalisis untuk mengetahui keefektifan dan keefisienan biaya kualitas pads jangka waktu penelitian. Pemilihan objek penelitian dan penghitungan kapabilitas sigma menggunakan pendekatan six sigma, yaitu fase define dan fase measure. Penelitian dilakukan pada sub unit mesin kertas III PT Kertas Leces (Persero) yang memiliki proporsi defect terbesar pada proses produksinya. Dalam penandingan antara biaya kualitas dan kapabilitas sigma diketahui bahwa setelah ISO 9001:2000 semakin efektif dan efisien, serta mampu menaikkan kapabilitas sigma perusahaan. Dalam kurun waktu penelitian, yaitu tahun 2000-2005 ada kecenderungan biaya kualitas turun seiring dengan peningkatan kapabilitas sigma. Selain itu, setelah penerapan ISO 9001:2000 distribusi relatif biaya kualitas sudah semakin baik, dimana pada tahun 2002 proporsi biaya bernilai tambah meningkat bahkan pads tahun-tahun selanjutnya biaya kualitas didominasi oleh biaya-biaya bernilai tambah. Biaya kualitas setelah penerapan ISO 9001:2000 didominasi oleh biaya-biaya yang memiliki pengaruh pada perbaikan kualitas dan pemborosan biaya karena kualitas yang buruk dapat ditekan. Dan analisis diatas penulis menyimpulkan bahwa penerapan ISO 9001:2000 pada PT Kertas Leces (Persero) berhasil karena dapat meningkatkan kualitas dan peningkatan kualitas tersebut sebanding dengan biaya yang dikeluarkan oleh perusahaan dalam menciptakan kualitas.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 275/06 Pri a
Uncontrolled Keywords: QUALITY OF PRODUCTS
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
SIGIT PRIBADI, 040217560UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHj. Hamidah, Dra., M.Si., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 18 Dec 2006 12:00
Last Modified: 13 Jun 2017 19:38
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7066
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item