PENDEKATAN KLINIK BATUK KRONIK DAN ATAU BERULANG PADA ANAK: Pidato Pcngukuban diucapkan pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar dalam mata pelajaran Ilmu Kesehatan Anak pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu, tanggal2 Maret 1991

Gunadi Santosa, Prof. (1991) PENDEKATAN KLINIK BATUK KRONIK DAN ATAU BERULANG PADA ANAK: Pidato Pcngukuban diucapkan pada peresmian penerimaan jabatan Guru Besar dalam mata pelajaran Ilmu Kesehatan Anak pada Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga di Surabaya pada hari Sabtu, tanggal2 Maret 1991. Fakultas Kedokteran: Ilmu Kesehatan Anak, Surabaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (fulltext)
KKA-KK-PG.-246-10-San-p.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Batuk adalah reflek yang normal dan sangat penting untuk mempertahankan higiene saluran pernafasan, tetapi apabila berlebihan merupakan tanda adanya kelainan pada saluran pernafasan, terutama apabila berlangsung lama atau berulang. Batuk merupakan gejala umum dari penyakit saluran pernafasan bawah yang kronik atau berulang, tetapi batuk-batuk lama dapat juga dijumpai pada keadaan tanpa kelainan paru seperti pada batuk psikogen dan post nasal drip. Batasan batuk kronik dan batuk berulang masih banyak beda pendapat. Sebenarnya etiologi batuk kronik tidak sama dengan etiologi batuk berulang. Batuk berulang seringkali disebabkan oleh infeksi virus berulang-ulang atau asma, sedangkan batuk kronik hampir selalu disebabkan oleh infeksi paru supuratif, jadi lebih parah. Jadi perlu sekali dibedakan dengan tegas kronik atau berulang. Tetapi di dalam praktek sehari-hari seringkali tidak mungkin membedakan kedua itu.

Item Type: Other
Additional Information: KKA KK PG. 246-10 San p
Uncontrolled Keywords: PENDEKATAN KLINIK, BATUK, KRONIK, BERULANG, ANAK
Subjects: R Medicine > RJ Pediatrics
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Kesehatan Anak (Sub Spesialis)
Creators:
CreatorsNIM
Gunadi Santosa, Prof.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 13 Mar 2018 19:05
Last Modified: 13 Mar 2018 19:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70680
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item