IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK MELALUI SISTEM INFORMASI DESA (STUDI DESKRIPTIF PADA DESA TULANGAN, KECAMATAN TULANGAN, KABUPATEN SIDOARJO)

AMALIA MUKTI SUGIHARTO, 071311533081 (2018) IMPLEMENTASI UNDANG-UNDANG KETERBUKAAN INFORMASI PUBLIK MELALUI SISTEM INFORMASI DESA (STUDI DESKRIPTIF PADA DESA TULANGAN, KECAMATAN TULANGAN, KABUPATEN SIDOARJO). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.45 18 Sug i.pdf

Download (32kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.45 18 Sug i.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.45 18 Sug i.pdf

Download (460kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai implementasi Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik melalui Sistem Informasi Desa milik Desa Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo. Penelitian ini berfokus pada bagaimana pemerintah Desa Tulangan mengimplementasikan undang-undang Keterbukaan Informasi Publik yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008. Berdasarkan Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2008, keterbukaan informasi publik merupakan sarana dalam mengoptimalkan pengawasan publik terhadap penyelenggaraan negara dan badan publik lainnya serta segala sesuatu yang berakibat pada kepentingan publik. Sementara itu, Sistem Informasi Desa baik dalam platform online maupun offline menjadi salah satu medium dalam mengimplementasikan Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik. Pemerintah desa memiliki kewajiban untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat mengenai pembangunan ditingkat desa baik yang sudah maupun sedang berjalan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualiatif dan tipe penelitian deskriptif yang didukung dengan observasi langsung, studi dokumen serta hasil wawancara mendalam dengan key person yang menguasai informasi mengenai Sistem Informasi Desa di Kabupaten Sidoarjo. Temuan penelitian dianalisis menggunakan teori komunikasi massa dari Denis McQuail, karena dengan menggunakan teori ini, peneliti dapat melihat secara detil bagaimana Sistem Informasi Desa menjadi elemen penting dalam proses menyediakan arena dan saluran bagi pemerintahan di tingkat lokal untuk menyebarluaskan berbagai informasi dan pendapat bagi masyarakat luas. Temuan penelitian dianalisis dengan menyinggung kajian good governance, e-government serta komunikasi pembangunan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa platform Sistem Informasi Desa milik Desa Tulangan, Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo dikelola oleh pemerintah desa untuk menyajikan beragam data dan informasi seputar kondisi desa sekaligus berperan dalam memenuhi pelayanan publik bagi warga Desa Tulangan. Data dan informasi yang disajikan melalui Sistem Informasi Desa dapat dengan mudah diakses oleh berbagai pemangku kepentingan seperti pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat hingga pihak pihak luar yang berkepentingan. Seiring dengan diterapkannya Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, kini kondisi serta realitas suatu desa dapat direpresentasikan melalui data, informasi serta pelayanan publik yang disajikan dalam Sistem Informasi Desa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.45/18 Sug i
Uncontrolled Keywords: Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik, Sistem Informasi Desa, Komunikasi Massa
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T10.5-11.9 Communication of technical information
T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
AMALIA MUKTI SUGIHARTO, 071311533081UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorYayan Sakti Suryandaru, Dr., S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 13 Mar 2018 20:25
Last Modified: 13 Mar 2018 20:25
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70695
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item