PENERIMAAN KELOMPOK MAHASISWA ISLAM TERHADAP PEMBANTAIAN PADA TRAGEDI 65 DALAM FILM THE ACT OF KILLING

Dimas Giswa Prasiddha, 070915064 (2018) PENERIMAAN KELOMPOK MAHASISWA ISLAM TERHADAP PEMBANTAIAN PADA TRAGEDI 65 DALAM FILM THE ACT OF KILLING. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.K.53 18 Pra p.pdf

Download (168kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.K.53 18 Pra p.pdf
Restricted to Registered users only until 14 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.K.53 18 Pra p.pdf

Download (240kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Fokus penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana penerimaan khalayak terhadap pembantaian pada peristiwa tragedi 65 yang digambarkan dalam film dokumenter yang berjudul The Act of Killing (TAOK). Tragedi 65 yang dimaksud dalam penelitian ini mencakup peristiwa pembunuhan para Jendral Angkatan Darat pada 30 September 1965 atau kerap disebut Peristiwa Gerakan 30 September ‟65 (G30S ‟65) hingga aksi pembantaian yang terjadi pascanya. Kelompok Mahasiswa Islam dipilih sebagai khalayak atau informan sebab kelompok tersebut secara historis memiliki irisan kepentingan dengan komunis. Komunis sendiri merupakan pihak yang diburu dan dibantai pada tragedi 65, karena diduga sebagai dalang G 30 S ‟65. Tema ini dianggap menarik untuk di teliti karena film TAOK mencoba menampilkan tragedi 65 dengan prespektif berbeda yaitu sudut pandang pelaku pembantaian. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana interpretasi khalayak kelompok mahasiswa islam terhadap wacana pembantaian pada tragedi 65 yang digambarkan dalam film Jagal the Act of Killing. Untuk menjawab rumusan masala tersebut, penelitian ini menggunakan metode reception analysis serta kualitatif eksploratif sebagai alat untuk mengeksplorasi pemaknaan dari diri khalayak. Pada teknik pengumpulan data, peneliti menggunakan metode indept interview atau wawancara mendalam untuk memperoleh data-data kualitatif dari para khalayak. Berdasarkan analisis penelitian, dapat disimpulkan bahwa bahwa khalayak semua informan mengakui bahwa pembantaian terhadap orang-orang komunis memang terjadi. Peristiwa pembantaian yang digambarkan dalam film TAOK pun dianggap mereka sebagai hal yang berdasar fakta. Kemudian, para informan memaknai sosok Jagal, dalam hal ini Anwar Congo dan kawan-kawan, sebagai pelaku dan juga sebagai korban. Meskipun demikian, para informan sepakat bahwa para jagal dalam film TAOK hanyalah bagian kecil dari mata rantai penjagal. Terdapat struktur tertinggi yang memberikan perlindungan dan rasa aman bagi pembantaian yang terjadi. Soeharto dan Tentara AD bagi beberapa informan berdiri di struktur tertinggi para Jagal tersebut. Peneliti kemudian menyebut mereka sebagai Mahajagal atau jagal yang lebih besar dan berkuasa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.K.53/18 Pra p
Uncontrolled Keywords: Penerimaan Khalayak, Pembantaian, Tragedi 65, Film Act Of Killing
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Komunikasi
Creators:
CreatorsNIM
Dimas Giswa Prasiddha, 070915064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRendy Pahrun Wadipalapa, S.Ikom., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Mar 2018 01:33
Last Modified: 14 Mar 2018 01:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70724
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item