Perilaku Penemuan Informasi Ilmiah pada Siswa SMA di Surabaya

WAHYU SATRYONING BIMANTARA, 071311633064 (2018) Perilaku Penemuan Informasi Ilmiah pada Siswa SMA di Surabaya. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.IIP.17 18 Bim p.pdf

Download (129kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.IIP.17 18 Bim p.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.IIP.17 18 Bim p.pdf

Download (372kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penemuan informasi pada dasarnya merupakan bagian dari perilaku informasi. Penemuan informasi didasari adanya kebutuhan informasi, karena ketika individu membutuhkan informasi, individu tersebut akan melakukan penemuan informasi untuh memenuhi kebutuhan informasinya. Penemuan informasi merupakan proses dari individu untuk menemukan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola perilaku penemuan informasi ilmiah pada siswa SMA di Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dengan cara menjabarkan data – data yang diperoleh dari hasil perhitungan jawaban – jawaban responden. Sampel pada penelitian ini diambil dengan cara teknik pengambilan sampel probability sampling dengan menggunakan tipe cluster random sampling.yaitu siswa SMA NegeridanSwasta di Surabaya sebanyak 100 siswa yang terbagi dalam 10 sekolah. Hasil dari penelitian ini yaitu menunjukkan bahwa kebanyakan siswa SMA di Surabaya memilih kebutuhan informasi berupa memperluas wawasan, hambatan personal berupa kurang menjelajahi informasi dan malu, hambatan sosial berupa informasi suli tdiakses, hambatan lingkungan berupa ada jadwal les diluar sekolah dan lingkungan keluarga. Kemudian pada perilaku informasi tersebut diantaranya yaitu starting berupa internet dan buku pelajaran, chaining berupa buku pelajaran, browsing berupa internet dan jurnal, differentiating berupa mempertimbangkan sumber informasi, buku pelajaran, majalah ilmiah, monitoring berupa internet dan majalah ilmiah, extracting berupa bertanya pada guru dan buku pelajaran, verifying berupa bertanya pada guru, dan juga ending berupa menyimpan pada media elektronik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP.17/18 Bim p
Uncontrolled Keywords: Informasi Ilmiah, Perilaku Penemuan Informasi, Siswa
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
WAHYU SATRYONING BIMANTARA, 071311633064UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorRagil Tri Atmi, S.IIP., MA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 14 Mar 2018 16:46
Last Modified: 14 Mar 2018 16:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70741
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item