PEMBUATAN STRATEGY MANAGEMENT FOR IT SERVICES MENGGUNAKAN ITIL FRAMEWORK PADA PERUSAHAAN PENYALURAN TENAGA KERJA (STUDI KASUS: PT BINTANG AGRAPANA SUKSES)

LYDIA WIJAYA, 081311633019 (2018) PEMBUATAN STRATEGY MANAGEMENT FOR IT SERVICES MENGGUNAKAN ITIL FRAMEWORK PADA PERUSAHAAN PENYALURAN TENAGA KERJA (STUDI KASUS: PT BINTANG AGRAPANA SUKSES). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.SI.06-18 Wij p ABSTRAK.pdf

Download (107kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.SI.06-18 Wij p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penerapan teknologi informasi pada dunia bisnis saat ini semakin berkembang pesat. Hampir setiap bisnis menggunakan teknologi informasi pada proses bisnisnya. Hal tersebut tentunya manjadi permasalahan tersendiri bagi perusahaan yang belum menerapkan teknologi informasi, salah satunya adalah PT Bintang Agrapana Sukses (BAS), perusahaan penyaluran tenaga kerja satpam yang menjadi studi kasus pada penelitian ini. Untuk membangun sebuah layanan TI, diperlukan pembuatan strategi agar layanan yang dibangun sesuai dengan kebutuhan dan menghindari kegagalan pada implementasinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat manajemen strategi layanan TI pada PT BAS. Kerangka kerja yang digunakan adalah ITIL framework service strategy proses strategy management for IT services. Tahapan penelitian terdiri dari 4 tahap yakni tahap satu strategic assessment menganalisis faktor internal dan eksternal perusahaan dengan wawancara pada pihak PT Bintang Agrapana Sukses. Tahap dua strategy generation yaitu pembuatan strategy plan dengan cara menyesuaikan dengan rencana strategis perusahaan. Tahap tiga strategy execution yaitu menentukan tactical plan dengan cara penentuan manajemen layanan, menentukan aset dan prioritas layanan. Tahap akhir strategy measurement and evaluation yang terdiri dari continual service improvement dan expansion and growth. Penelitian ini menghasilkan usulan sistem layanan TI yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan berupa rencana strategis, taktis dan cara pengukuran strategi, sehingga dapat dijadikan dasar dalam pembangunan layanan TI pada perusahaan. Strategi untuk PT Bintang Agrapana Sukses sesuai dengan kondisi saat ini dalam membangun layanan TI adalah menambah aset teknologi dalam perusahaan, mengusahakan pengembangan dan pelatihan SDM, menerapkan layanan TI yang mampu menangani pertukaran informasi antar unit bisnis untuk menghindari miskomunikasi, menambah SDM di bidang TI untuk melakukan manajemen terhadap aset teknologi pada perusahaan. Layanan TI yang diusulkan berdasarkan urutan prioritas layanan dan telah diverifikasi oleh PT BAS adalah: 1) Layanan informasi dan review pelanggan; 2) Layanan pemesanan; 3) Sistem pembayaran dan penggajian; 4) Monitoring tenaga kerja; 5) Laporan keuangan; 6) Layanan komunikasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.06/18 Wij p
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.5-58.64 Information technology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
LYDIA WIJAYA, 081311633019UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorIndra Kharisma Raharjana, S.Kom., MT.UNSPECIFIED
Thesis advisorEndah Purwanti, S.Si., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Mar 2018 20:08
Last Modified: 14 Mar 2018 20:08
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70820
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item