EVALUASI TERHADAP PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP SITUS PEMBELAJARAN KODING BELAJARKODING.NET MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY

LUKMAN HAKIM, 081016016 (2018) EVALUASI TERHADAP PENERIMAAN MASYARAKAT TERHADAP SITUS PEMBELAJARAN KODING BELAJARKODING.NET MENGGUNAKAN UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.SI.11-18 Hak e ABSTRAK.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.SI.11-18 Hak e SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Belajarkoding.net merupakan situs yang dikembangkan untuk membantu masyarakat mempelajari ilmu di bidang web design, development, dan graphic design. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi penerimaan dan penggunaan website belajarkoding.net dengan menggunakan model Unified Theory of Acceptance and Use of Technology UTAUT. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan data melalui penyebaran kuesioner yang diadaptasi dari model UTAUT. Kuesioner disebarkan kepada 100 pengguna situs belajarkoding.net secara online menggunakan Google Form. Data kuesioner dianalisis menggunakan metode Partial Least Square-Structural Equation Modeling (PLS-SEM) dengan tools SmartPLS. Proses analisis PLSSEM diawali dengan evaluasi model pengukuran. Selanjutnya dilakukan evaluasi model struktural. Hasil analisa PLS-SEM kemudian diinterpretasikan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi model pengukuran telah valid, reliabel, dan dapat diterima secara substansial berdasarkan hasil pengujian data. Selanjutnya hasil evaluasi model struktural yang diperoleh menunjukkan bahwa faktor-faktor yang berpengaruh signifikan terhadap minat pemanfaatan belajarkoding.net antara lain ekspektasi kinerja dan pengaruh sosial. Minat pemanfaatan dan kondisi pemfasilitas berpengaruh signifikan terhadap perilaku penggunaan belajarkoding.net. Karakteristik pengguna (jenis kelamin, usia, pengalaman dan kesukarelaan) tidak terbukti berperan sebagai moderator. Akurasi prediksi model UTAUT dalam menjelaskan minat pemanfaatan belajarkoding.net tergolong tinggi yaitu sebesar 78,7%, sedangkan akurasi prediksi model UTAUT dalam menjelaskan perilaku penggunaan belajarkoding.net juga tergolong tinggi yaitu sebesar 65,7%. Hasil evaluasi penerimaan dan penggunaan belajarkoding.net yang diperoleh bisa memberikan rekomendasi kebutuhan yang harus diperhatikan dan menjadi hal yang bisa dikembangkan untuk penelitian lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.11/18 Hak e
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.575 Multimedia systems and Internet
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
LUKMAN HAKIM, 081016016UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEto Wuryanto, Drs., DEA.UNSPECIFIED
Thesis advisorBadrus Zaman, S.Kom., M.Cs.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Mar 2018 20:56
Last Modified: 14 Mar 2018 20:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item