RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN PERUMAHAN DENGAN METODE EXTENT FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS: PT. BUMI CANTIGI)

IRSANDHA BAKTI PRATAMA, 081311633005 (2018) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN LOKASI PEMBANGUNAN PERUMAHAN DENGAN METODE EXTENT FUZZY ANALYTICAL HIERARCHY PROCESS (STUDI KASUS: PT. BUMI CANTIGI). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.SI.12-18 Pra r ABSTRAK.pdf

Download (102kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.SI.12-18 Pra r SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 15 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pertumbuhan ekonomi membuka peluang datangnya investor untuk datang dan berinvestasi di Indonesia, salah satu investasi yang cukup menjanjikan adalah investasi properti perumahan. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem pendukung keputusan untuk menetukan lokasi pembangunan perumahan dengan menggunakan metode Extent Fuzzy AHP berdasarkan kriteria sertifikat, aksesbilitas, jarak dari pusat kota, struktur tanah, dan harga lahan. Pada kriteria aksebilitas terdapat sub-kriteria jenis jalan, lebar jalan, dan kondisi jalan. Tahapan pertama metodologi penelitian meliputi Pengumpulan data dan Informasi melalui studi literatur dan wawancara. Tahapan kedua Pengolahan data dan informasi untuk mendapatkan rancangan sistem yang akan dibangun. Tahap Ketiga adalah anailisis data dengan Extent Fuzzy AHP untuk memperoleh rangking rekomendasi lokasi pembangunan perumahan. Tahap Keempat perancangan sistem dengan menggunakan sistem flow diagram, desain user interface dan Pseudocode. Tahap Kelima adalah implementasi sistem berbasis web. Tahap Keenam adalah pengujian sistem dengan pengujian validitas sistem. Pada tahap terakhir, evaluasi sistem dilakukan melalui kepuasan user berdasarkan nilai usability, functional completeness, performance dan overall. Sistem pendukung keputusan penentuan lokasi pembangunan perumahan dengan menggunakan metode Extent Fuzzy AHP dapat membantu menghilangkan penilaian yang samar-samar dan ketidakpastian dalam menentukan lokasi pembangunan perumahan. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa sistem yang dibangun bernilai 3.4 dari skala 4. Hal ini menunjukkan bahwa sistem tersebut bernilai sangat baik berdasarkan rentang skor kuesioner. Dengan demikian, diharapkan sistem pendukung keputusan ini dapat membantu dalam peentuan lokasi pembangunan perumahan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.SI.12/18 Pra r
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.9.D3 Database management and System design
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Sistem Informasi
Creators:
CreatorsNIM
IRSANDHA BAKTI PRATAMA, 081311633005UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEto Wuryanto, Drs., DEA.UNSPECIFIED
Thesis advisorKartono, Drs., M.Kom.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 14 Mar 2018 21:13
Last Modified: 14 Mar 2018 21:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70828
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item