RANCANG BANGUN MULTI FREQUENCY BIOELECTRICAL IMPEDANCE ANALYSIS SEBAGAI KANDIDAT ALAT DIAGNOSTIK PENDERITA DEMAM BERDARAH

MUHAMMAD RIZKY YUSDY, 081211733020 (2018) RANCANG BANGUN MULTI FREQUENCY BIOELECTRICAL IMPEDANCE ANALYSIS SEBAGAI KANDIDAT ALAT DIAGNOSTIK PENDERITA DEMAM BERDARAH. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK ST.T.14-18 Yus t ABSTRAK.pdf

Download (137kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK ST.T.14-18 Yus t SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Demam berdarah (DB) merupakan penyakit akut yang disebabkan oleh infeksi virus dengue yang dibawa oleh nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus betina yang umumnya menyerang daerah dengan iklim tropis dan subtropis di dunia. Virus tersebut mengakibatkan keseimbangan nilai cairan intraseluler (ICF) dan cairan ekstraseluler (ECF) terganggu. Salah satunya dapat dilakukan dengan menggunakan multi frequency bioelectrical impedance analysis (MF – BIA) untuk mendiagnostik manifestasi dari virus dengue terhadap keseimbangan nilai cairan intraseluler (ICF) dan cairan ekstraseluler (ECF). Pengujian dilakukan dengan mengukur massa tubuh, tinggi badan, dan impedansi (Z) seluruh tubuh dengan arus konstan 0,5 mA pada frekuensi 20 kHz, 50 kHz, dan 75 kHz menggunakan empat elektroda pada masing – masing naracoba agar mendapatkan nilai cairan intraseluler (ICF) dan cairan ekstraseluler (ECF). Nilai linearitas cairan intraseluler (ICF) yang didapatkan dari hasil pengukuran impedansi (Z) seluruh tubuh pada frekuensi tinggi 75 kHz sebesar R = 0,9816 dan cairan ekstraseluler (ECF) yang didapatkan dari hasil pengukuran impedansi (Z) seluruh tubuh pada frekuensi rendah 20 kHz sebesar R = 0,9787. Pendeteksian manifestasi dari virus dengue terhadap keseimbangan nilai cairan intraseluler (ICF) dan cairan ekstraseluler (ECF) menggunakan multi frequency bioelectrical impedance analysis (MF – BIA) masih terbatas sebagai pendukung diagnostik dalam pengujian awal kinerja perangkat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK ST.T.14/18 Yus r
Subjects: Q Science > QC Physics > QC501-766 Electricity and magnetism
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Tekno Biomedik
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD RIZKY YUSDY, 081211733020UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKhusnul Ain, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorTri Anggono, Drs.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 15 Mar 2018 18:31
Last Modified: 15 Mar 2018 18:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70878
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item