SENDHI TRISTANTI PUSPITASARI, 101514453034 (2018) UPAYA PENINGKATAN KEPUASAN PASIEN BERDASARKAN PEOPLE EQUITY di UNIT RAWAT INAP RUMAH SAKIT ISLAM SURABAYA. Thesis thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (abstrak)
abstrak.pdf Download (106kB) | Preview |
|
Text (full text)
full text.pdf Restricted to Registered users only until 16 March 2021. Download (2MB) |
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit ditentukan oleh kepuasan pasien. Pada tahun 2016, kepuasan pasien rawat inap di RSI Surabaya hanya 61,3%. Penyebab rendahnya capaian kepuasan pasien berasal dari People Equity. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun rekomendasi upaya peningkatan kepuasan pasien rawat inap berdasarkan People Equity. Survei berbasis kuesioner dilakukan kepada 128 pasien, tersebar di 7 ruang rawat inap. Penilaian kepuasan menggunakan indikator RATER (Reliability, Assurance, Tangible, Emphaty, dan Responsiveness). Data sekunder juga digunakan dari manajemen rumah sakit seperti humas, pelayanan medis dan sumber daya manusia. Analisis data secara statistik dengan uji korelasi Pearson product moment. Penelitian menujukkan proses rekruitmen karyawan sesuai prosedur, supervisi berjalan baik namun sistem penghargaan belum sesuai harapan. Kepuasan pasien sudah memenuhi harapan pelanggan kecuali aspek tangible, terutama pada kebersihan ruangan masih rendah. Kepuasan pasien tertinggi di ruang Hijr Ismail sebesar 3,52, sedangkan terendah di ruang Muzdalifah sebesar 3,36. Profil terendah People Equity ditemukan di ruang Muzdalifah sebesar 3,51. Korelasi People Equity dengan kepuasan pasien sebesar 0,829. Penelitian ini merumuskan isu strategis dari RSI Surabaya yaitu memiliki nilai yang kurang untuk pemberian penghargaan atas kinerja tenaga paramedis oleh kepala unit dan rendahnya nilai kapabilitas tenaga paramedis di unit rawat inap. Selain itu juga terdapat sikap kurang puas pasien terhadap kebersihan di unit rawat inap RSI Surabaya. Ruang Zam-Zam memiliki nilai terendah dalam aspek keselarasan, sedangkan Muzdalifah memiliki nilai People Equity yang rendah dalam aspek keterikatan. Penelitian ini merekomendasikan kegiatan pelatihan untuk meningkatkan kapabilitas karyawan, pengawasan dan evaluasi untuk memastikan kebersihan ruang, dan penerapan sistem penghargaan yang lebih baik untuk meningkatkan capaian kinerja tenaga paramedis
Item Type: | Thesis (Thesis) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKC KK TKA 13/18 Pus u | ||||||
Uncontrolled Keywords: | kepuasan pasien, rawat inap, people equity | ||||||
Subjects: | R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1-1270 Public aspects of medicine | ||||||
Divisions: | 10. Fakultas Kesehatan Masyarakat > Administrasi Kebijakan Kesehatan | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Unnamed user with email indah.fatma@staf.unair.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 15 Mar 2018 18:53 | ||||||
Last Modified: | 15 Mar 2018 18:53 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70888 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |