FRIZKANA MEILIA, 040317981 (2007) STUDI KOMPARATIF SISTEM PEMROSESAN TRANSAKSI KARTU KREDIT UNTUK PELAYANAN BERBASIS CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA BANK NASIONAL DAN CNBK. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2007-meiliafriz-4373-a64_07-k.pdf Download (327kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
7089a.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kartu kredit adalah sebuah kartu yang digunakan untuk melakukan pembayaran tidak secara tunai (ditangguhkan/diangsur) atas pembelian suatu barang. Sistem pemrosesan transaksi merupakan subsistem input yang mempunyai arti penting dalam pemasaran dengan cara mengumpulkan data dari berbagai sumber guna mendapatkan profil pelanggan yang kuat. Data dari sistem pemrosesan transaksi selanjutnya diintegrasikan dengan data yang diperoleh dari proses pada Marketing Research Subsystem dan Marketing Intelligence Subsystem guna mendapatkan informasi yang komperehensif mengenai pelanggan melalui Marketing Information System (MKIS) yang kemudian diolah dengan Database Managemant System (DBMS) untuk mengimplementasikan pelayanan berbasis Customer Relationship Management (CRM). Aktivitas dalam CRM meliputi pengumpulan data mengenai pelanggan, membuat profil tentang pelanggan, dan interaksi dengan pelanggan secara personal dan customized. Semua ini dimaksudkan untuk memaksimalkan nilai perusahaan terhadap pelanggan mengingat kartu kredit adalah bisnis jasa yang sangat bergantung pada kepuasan dan kesetiaan pelanggan, yang salah satunya adalah dengan menerapkan layanan berbasis CRM. Bank Nasional merupakan salah satu bank penerbit kartu kredit di Indonesia dengan segmen masyarakat menengah ke bawah. Penelitian ini membandingkan sistem pemrosesan transaksi kartu kredit antara Bank Nasional dengan CNBK yang merupakan card leader di Indonesia, guna mendapatkan gambaran apakah terdapat perbedaan pemrosesan transaksi kartu kredit diantara keduanya. Hasil analisis komparatif menunjukkan bahwa sistem pemrosesan transaksi kartu kredit pada Bank Nasional belum diolah lebih lanjut dan tidak terintegrasi dalam MKIS sehingga belum dapat memberikan pelayanan berbasis CRM. Disarankan bahwa Bank Nasional menawarkan fitur pembelian bahan dan alat-alat pertanian berdasarkan analisis bahwa segmen nasabah Bank Nasional adalah masyarakat menengah ke bawah dengan mayoritas bermata pencaharian sebagai petani dan nelayan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 64/07 Mei s | ||||||
Uncontrolled Keywords: | BANK CREDIT CARD | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products H Social Sciences > HF Commerce > HF5546-5548.6 Office management H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1660 Bank accounts. Bank deposits. Deposit banking |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 24 Apr 2007 12:00 | ||||||
Last Modified: | 15 Jun 2017 18:15 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7089 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |