MAKNA SOSIAL ZAKAT DI KALANGAN MUZAKI KONVENSIONAL (Studi Kualitatif Pembagian Zakat Secara Langsung dan Massal di Kota Surabaya)

DIFA MUKTI AHMAD, 071514753012 (2017) MAKNA SOSIAL ZAKAT DI KALANGAN MUZAKI KONVENSIONAL (Studi Kualitatif Pembagian Zakat Secara Langsung dan Massal di Kota Surabaya). Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_TSO.02 18 Ahm m.pdf

Download (138kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_TSO.02 18 Ahm m.pdf
Restricted to Registered users only until 16 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_TSO.02 18 Ahm m.pdf

Download (258kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Muzaki konvensional adalah pembayar zakat secara langsung dan massal kepada mustahik. Muzaki konvensional memiliki makna-makna sendiri tentang zakat dan cara pembagian zakat secara langsung dan massal. Kuasa pengetahuan zakat begitu dominan mempengaruhi muzaki konvensional tetap menjalankan perzakatan nya meskipun banyak faktor yang memberatkannya. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan secara detail makna zakat dan makna berzakat secara langsung dan massal kepada mustahik. Kedua, mendeskripsikan secara detail bagaimana kuasa pengetahuan zakat memainkan perannya mempengaruhi muzaki konvensional. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan konstruksi sosial Peter L. Berger. Data dikumpulkan berdasarkan wawancara mendalam, observasi, dan pengumpulan dokumen. Adapun informan penelitian adalah muzaki konvensional, pegawai, dan mustahik. Setelah data diperoleh kemudian data di analisis menggunakan teori kontruksi sosial dan teori kekuasaan. Dalam penelitian ini ditemukan beberapa hasil penelitian yaitu pertama, makna zakat menurut muzaki konvensional adalah kewajiban dan harus dikeluarkan karena harta itu bukan milik kita tetapi milik mustahik. Kedua, makna pembagian zakat secara lansung dan massal karena lebih memuaskan batin dan dapat bersentuhan langsung dengan muzaki. Ketiga, ayah sebagai kuasa pengetahuan zakat memiliki peran yang sangat kuat terhadap muzaki sehingga melakukan pembagian zakat secara langsung dan massal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 TSO.02/18 Ahm m
Uncontrolled Keywords: Zakat, Muzaki Konvensional, Mustahik
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM701 Social systems
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM811-821 Deviant behavior. Social deviance
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Magister Ilmu Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
DIFA MUKTI AHMAD, 071514753012UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMustain, Prof., Dr., Drs., MSi.UNSPECIFIED
Thesis advisorSutinah, Dr., Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 15 Mar 2018 19:15
Last Modified: 15 Mar 2018 19:15
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/70894
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item