INDUKSI KALUS EKSPLAN DAUN Piper retrofractum Vahl. DENGAN KOMBINASI KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH Naphthalene Acetic Acid (NAA) DAN KINETIN

NABILA ASAD, 081311433007 (2018) INDUKSI KALUS EKSPLAN DAUN Piper retrofractum Vahl. DENGAN KOMBINASI KONSENTRASI ZAT PENGATUR TUMBUH Naphthalene Acetic Acid (NAA) DAN KINETIN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPB.10-18 Asa i ABSTRAK.pdf

Download (119kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPB.10-18 Asa i SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 20 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tanaman Piper retrofractum Vahl. merupakan tanaman obat yang memiliki kandungan metabolit sekunder berupa alkaloid piperin, kavisin, piperidin, sesamin minyak atsiri. Tanaman ini berpotensi sebagai pengobatan pada hipogonadisme. Ekstraksi metabolit sekunder membutuhkan pasokan bahan segar yang banyak sehingga dilakukan alternatif menggunakan kultur kalus. Kultur kalus pada penelitian ini dilakukan dengan memanipulasi media dengan penambahan zat pengatur tumbuh NAA dan Kinetin. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh kombinasi zat pengatur tumbuh NAA dan Kinetin terhadap lama waktu induksi kalus, persentase eksplan membentuk kalus, berat segar, berat kering dan morfologi kalus Piper retrofractum Vahl. Eksplan daun tanaman Piper retrofractum Vahl. ditumbuhkan pada media Murashige and Skoog (MS) padat yang diperkaya dengan zat pengatur tumbuh NAA dan Kinetin dengan konsentrasi 0,5; 1; 1,5; 2 mg/L dan kontrol. Panen kalus dilakukan pada minggu ke-6 setelah tanam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa zat pengatur tumbuh NAA dan Kinetin berpengaruh terhadap pertumbuhan eksplan daun Piper retrofractum Vahl. Perlakuan NAA 1mg/L dan Kinetin 2 mg/L serta NAA 1,5 mg/L dan Kinetin 0,5 mg/L menunjukkan respon pembentukan kalus tercepat yaitu 19,33 hari setelah tanam dengan persentase eksplan membentuk kalus 100%. Pada perlakuan NAA 1,5 mg/L dan Kinetin 0,5 mg/L menunjukkan berat segar dan berat kering tertinggi yaitu 129,8 mg dan 31,7 mg. Morfologi kalus Piper retrofractum Vahl. bertekstur kompak dan berwarna putih kecoklatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB.10/18 Asa i
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
NABILA ASAD, 081311433007UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJunairiah, Dr., S.Si., M.Kes.UNSPECIFIED
Thesis advisorEdy setiti W.U., Dr., Dra., M.S.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Mar 2018 00:01
Last Modified: 20 Mar 2018 00:01
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71008
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item