KORELASI ANTARA HEMOPHILIA JOINT HEALTH SCORE DENGAN FUNCTIONAL INDEPENDENT SCORE IN HEMOPHILIA DAN DERAJAT KERUSAKAN SENDI PADA PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI MUSKULOSKELETAL ANAK HEMOFILIA DI RSUD DR. SOETOMO

Nur Aini Indah Kusumawardhany, NIM011228166310 (2017) KORELASI ANTARA HEMOPHILIA JOINT HEALTH SCORE DENGAN FUNCTIONAL INDEPENDENT SCORE IN HEMOPHILIA DAN DERAJAT KERUSAKAN SENDI PADA PEMERIKSAAN ULTRASONOGRAFI MUSKULOSKELETAL ANAK HEMOFILIA DI RSUD DR. SOETOMO. Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDS.IFR. 15-18 Kus k Abstrak.pdf

Download (216kB) | Preview
[img] Text (fulltext)
PPDS.IFR. 15-18 Kus k.pdf
Restricted to Registered users only until 21 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan : Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui korelasi antara penilaian klinis yang ditentukan oleh Hemopilia Joint Health Score (HJHS) dengan penilaian fungsional yang ditentukan oleh Functional Independent Score in Hemopilia (FISH) dan perubahan radiologis [HEAD-US] pada Artropati Hemofilik penderita hemofilia. Metode : Dari 12 anak dengan hemofilia A, dilakukan pemeriksaan pada 24 lutut (sisi kanan dan kiri) , dengan usia rata-rata 11,42 (SD 3,397) tahun menggunakan pemeriksaan klinis (HJHS), asesmen fungsional (FISH) dan pemeriksaan ultrasonografi menggunakan metode HEAD-US di RSUD. Dr. Soetomo Surabaya. Hasil : Terdapat korelasi negatif yang signifikan antara skor HJHS dengan skor FISH dimana skor HJHS lebih kecil berkorelasi dengan skor FISH yang lebih besar. Nilai signifikansi antara skor HJHS dengan skor FISH adalah 0,002 dengan tingkat korelasi kuat serta korelasi positif yang signifikan antara skor HJHS dengan skor HEAD-US dimana nilai HJHS lebih besar berkorelasi dengan skor HEAD-US yang lebih besar. Nilai signifikansi antara skor HJHS dengan skor HEAD-US adalah 0,006 dengan tingkat korelasi sedang. Kesimpulan : HJHS mengidentifikasi perubahan patologis pada persendian yang relatif terhadap penilaian fungsional dan perubahan radiologis. Namun, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk bisa membedakan kelainan dini dari normal. Pemeriksaan klinis sendi (HJHS), penilaian fungsional (FISH) dan penilaian radiologis ultrasonografi (HEAD-US) memberikan informasi dan harus dipertimbangkan secara bersamaan dalam penilaian artropati hemofilik tahap awal.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDS.IFR. 15-18 Kus k
Uncontrolled Keywords: Hemophillia, Arthropathy Hemophilic, HJHS, FISH, HEAD-US
Subjects: R Medicine > RM Therapeutics. Pharmacology > RM930-931 Rehabilitation therapy
Divisions: 01. Fakultas Kedokteran > Ilmu Fisik & Rehab
Creators:
CreatorsNIM
Nur Aini Indah Kusumawardhany, NIM011228166310NIM011228166310
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorS.M. Mei Wulan, Dr. dr. Sp. KFR (K)UNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Mar 2018 20:31
Last Modified: 20 Mar 2018 20:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71043
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item