PENERAPAN HYBRID PARTICLE SWARM OPTIMIZATION DAN ARTIFICIAL BEE COLONY UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICKUP AND DELIVERY (VRPSPD)

SAFRIDHA AHMY AZKIYAH, 081311233011 (2018) PENERAPAN HYBRID PARTICLE SWARM OPTIMIZATION DAN ARTIFICIAL BEE COLONY UNTUK MENYELESAIKAN VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH SIMULTANEOUS PICKUP AND DELIVERY (VRPSPD). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPM.16-18 Azk p ABSTRAK.pdf

Download (218kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPM.16-18 Azk p SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 23 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Vehicle Routing Prolem with Simultaneous Pickup and Delivery (VRPSPD) merupakan suatu permasalahan rute kendaraan yang digunakan untuk melayani pelanggan dengan pelayanan ganda, yaitu pengiriman dan pengambilan barang yang dilakukan secara bersamaan. Particle Swarm Optimization (PSO) dan Artificial Bee Colony (ABC) adalah metode optimasi yang banyak dipakai dalam penelitian karena kesederhanaan dan efisiensinya. Namun demikian dalam masalah optimasi berdimensi banyak, PSO mempunyai kecenderungan terperangkap dalam optimum lokal karena eksplorasi globalnya yang rendah. algoritma ABC mempunyai kecepatan konvergensi yang rendah di beberapa kasus, karena eksplorasi lokalnya yang rendah. Skripsi ini diterapkan algoritma hybrid PSO-ABC, yang mengkombinasikan pencarian lokal dalam PSO dan pencarian global dalam ABC. Dalam algoritma ini akan diperiksa derajat penuaan (pbestmeasure) dari pbest dari setiap individu untuk menentukan fase yang digunakan (fase PSO, fase Onlooker, dan fase Modified Scout Bee). Dalam Skripsi ini diimplementasikan algoritma PSO-ABC dalam permasalahan VRPSPD dengan software Java Netbeans 8.2, dengan menguji beberapa parameter seperti jumlah partikel, w (inertia weight), c1 (cognitive weight), c2 (social weight), limit1, limit2. Dapat diperoleh rute yang terbaik diperoleh untuk data kecil =93 km , data sedang =111 km dan data besar 1549 km.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.16/18 Azk p
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
SAFRIDHA AHMY AZKIYAH, 081311233011UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 22 Mar 2018 21:11
Last Modified: 25 Aug 2023 02:31
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71213
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item