MITIGASI RISIKO OPERASIONAL PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL SRI SEJAHTERA SURABAYA

YANUAR DHARMA PUTRA S., 041114176 (2018) MITIGASI RISIKO OPERASIONAL PADA BAITUL MAAL WA TAMWIL SRI SEJAHTERA SURABAYA. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FEB.EI.37 18 Put m.pdf

Download (23kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FEB.EI.37 18 Put m.pdf
Restricted to Registered users only until 26 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui bagaimana proses mitigasi risiko operasional di Baitul Maal wa Tamwil Sri Sejahtera Surabaya. Risiko diidentifikasi berdasarkan keberlangsungan proses internal, sumber daya manusia, serta teknologi dan informasi. Mitigasi ditentukan berdasarkan risiko yang telah diidentifikasi agar dapat diminimalisir dengan baik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaitf dengan metode studi kasus. Pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan wawancara kepada informan, yaitu Manajer, Kepala Bendahara, dan Kepala Administrasi Baitul Maal wa Tamwil Sri Sejahtera. Pengumpulan data sekunder berasal dari dokumen yang berkaitan dengan risiko operasional di Baitul Maal wa Tamwil Sri Sejahtera. Hasil dari penelitian ini adalah langkah-langkah mitigasi risiko terdapat pada keberlangsungan proses internal, sumber daya manusia, dan teknologi informasi. Mitigasi risiko pada proses internal dilakukan dengan cara melakukan pengawasan kinerja berdasarkan job description pegawai, dan implementasi akadakad pembiayaan syariah terhadap anggota. Mitigasi risiko pada sumber daya manusia dilakukan dengan memberikan bimbingan moral kepada pegawai. Mitigasi risiko pada teknologi informasi dilakukan dengan melakukan perawatan secara berkala terhadap software dan hardware komputer, serta perangkat lain yang menunjang kegiatan usaha Baitul Maal wa Tamwil Sri Sejahtera.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI.37/18 Put m
Uncontrolled Keywords: Mitigasi, Risiko, Operasional, Baitul Maal wa Tamwil
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD61 Risk Management
H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG8011-9999 Insurance > HG8751-9295 Life insurance > HG8799-8830 By class insured, by risk, by plan
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
YANUAR DHARMA PUTRA S., 041114176UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorImron Mawardi, Dr., SP., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 25 Mar 2018 22:02
Last Modified: 25 Mar 2018 22:02
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71259
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item