FARIZ ARISTYA AKBAR, 151411413017 (2017) Motivasi Pengunjung Agrowisata (Studi Deskriptif tentang Motivasi Pengunjung di Kusuma Agrowisata, Batu). Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (56kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FV PW 02-18 Akb m.pdf Restricted to Registered users only until 27 March 2021. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Pariwisata merupakan salah satu sektor ekonomi paling penting karena pariwisata dapat memberikan dampak kemajuan perekonomian masyarakat disekitar kawasan industri pariwisata maupun perekonomian yang lebih luas seperti kemajuan kota bahkan suatu negara. Kota Batu merupakan kawasan yang memiliki keunggulan dari segi pariwisasta, potensi tersebut memberi peluang bagi pengembang bisnis industri pariwisata salah satunya dari sektor agrowisata. Namun dalam pengembangan industri pariwisata berbasis agrowisata diperlukannya investasi yang relatif besar untuk memenuhi kebutuhan pengunjung agar industri pertanian dan pariwisata dapat berjalan dengan baik dan diminati pengunjung. Pengembangan pariwisata harus memenuhi tiga kriteria yaitu sesuatu yang dapat dilihat, sesuatu yang dapat dilakukan di objek wisata tersebut dan sesuatu yang dapat di beli untuk dibawa pulang sebagai cinderamata pengunjung. Dengan adanya faktor yang mempengaruhi motivasi pengunjung datang maka perlu diketahui bahwa motivasi pengunjung memiliki empat macam motivasi yaitu physical motivation, cultural motivation, interpersonal motivation atau social motivation dan fantasy motivation. Penelitian ini membahas tentang motivasi pengunjung di Kusuma Agrowisata kota Batu. Pembahasan dalam penelitian ini nantinya akan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data yang didapat beruapa kata – kata atau informasi tertulis maupun lisan dari proses observasi, wawancara dan penggunaan bahan dokumen dari orang orang yang diamati. Sedangkan deskriptif merupakan terhadap dimana penelitian akan menjelaskan dari setiap jawaban yang diberikan oleh informan. Informan kunci yang dituju ialah Direktur Sales & Marketing dan pengunjung sebagai responden. Adapun hasil pada penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa physical motivation, interpersonal motivation, fantasy motivation merupakan motivasi yang ditemukan, sedangkan cultural motivation tidak dapat ditemui karena Kusuma Agrowisata merupakan kawasan industri dan tidak memiliki aspek budaya maupun sejarah di kawasan tersebut. Adanya motivasi tersebut juga sangat dipengaruhi oleh fasilitas – fasilitas maupun atraksi yang dimiliki Kusuma Agrowisata guna memenuhi segala kebutuhan pengunjung dalam mencapai keinginannya.
Item Type: | Thesis (Tugas Akhir D3) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 FV PW.02/18 Akb m | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Motivasi pengunjung, Agrowisata | ||||||
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G154.9-155.8 Travel and state. Tourism |
||||||
Divisions: | 15. Fakultas Vokasi > Departemen Bisnis > D3 Kepariwisataan/Bina Wisata | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | sugiati | ||||||
Date Deposited: | 27 Mar 2018 16:32 | ||||||
Last Modified: | 27 Mar 2018 16:32 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71321 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |