DIA TRI RATNA PUSPANI, 040113830 (2005) EVALUASI PROSEDUR DAN KEBIJAKAN PEMBERIAN KREDIT (STUDI KASUS PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA (PERSERO) Tbk CABANG TULUNGAGUNG). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-puspanidia-5760-a218_05.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
7133a.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Bank adalah lembaga masyarakat yang menghimpun dana dan menggunakan dana yang semata-mata dilandasi oleh kepercayaan bahwa uangnya akan diperoleh kembali pada waktunya dan disertai imbalan berupa bunga. Sebagai badan usaha yang berorientasi pada laba (profit oriented), Bank harus mampu memperoleh laba dengan menyalurkan kembali sejumlah dana yang dimilikinya, yang dihimpun dari masyarakat untuk disalurkan kembali ke tengahtengah masyarakat dalam bentuk kredit. Setiap Kebijakan Perkreditan Bank (KPB) yang dibuat bank wajib memuat dan menetapkan dengan jelas dan tegas prinsip kehati-hatian yang minimal harus meliputi kebijakan pokok perkreditan, tatacara penilaian mutu kredit, profesionalisme dan integritas pejabat perkreditan. Pemberian kredit harus diproses melalui tahapan-tahapan permohonan kredit, penilaian permohonan pemberian kredit, kebijakan persetujuan kredit, perjanjian kredit dan persetujuan pencairan kredit. Dalam KPB setiap bank harus diatur dan dicantumkan tatacara penyelamatan dan penyelesaian kredit bermasalah, yang menjadi acuan dalam setiap penyelamatan dan penyelesaian kredit-kredit yang menurun kolektibilitasnya, dengan menggunakan pendekatan-pendekatan dan langkahlangkah rasional dalam penyelesaiannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif melalui metodologi studi kasus yakni pada Bank Rakyat Indonesia Cabang Tulungagung. Data untuk mendukung pemecahan masalah adalah data primer dan data sekunder. Teknis analisis adalah komparatif, yakni membandingkan apakah studi kasus yang diteliti mempunyai kesamaan dengan landasan teori. Prosedur pemberian kredit BRI secara garis besar telah sesuai dengan prinsip kehati-hatian (Prudential Banking). Ada beberapa prosedur yang berbeda, karena disesuaikan dengan keadaan yang dihadapi. Namuri ada celah-celah dapat mengakibatkan kredit macet. Yakni pada kelengkapan dokumen persyaratan permohonan kredit yang berkaitan dengan laporan keuangan karena nasabah pada kredit ritel cenderung tidak memiliki laporan keuangan. Laporan keuangan yang dipakai untuk analisa kredit disusun oleh bank berdasarkan hasil wawancara dengan nasabah, sehingga memungkinkan adanya manipulasi karena subyektifitas. Celah lain adalah pada analisis pemberian kredit pada BRI yang lebih ditekankan pada analisis terhadap nilai agunan yang dijaminkan dibanding analisis prospek usaha nasabah dan pemberian fasilitas penyelamatan kredit yang hanya ditekankan pada itikad baik nasabah untuk melunasi kreditnya serta lebih bersifat kekeluargaan.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 A 218/05 Pus e | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CREDIT CONTROL; BANKS AND BANKING | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking H Social Sciences > HG Finance > HG1-9999 Finance > HG1501-3550 Banking > HG1641-1643 Bank loans. Bank credit. Commercial loans |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 08 Jan 2008 12:00 | ||||||
Last Modified: | 18 Jun 2017 18:18 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7133 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |