SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEREKRUTAN TENAGA KEPERAWATAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS)

KRISTIN WAHYUNINGSIH, 081311233097 (2018) SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEREKRUTAN TENAGA KEPERAWATAN RUMAH SAKIT MENGGUNAKAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING (SAW) DAN TECHNIQUE FOR ORDER PREFERENCE BY SIMILARITY TO IDEAL SOLUTION (TOPSIS). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPM.33-18 Wah s ABSTRAK.pdf

Download (132kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPM.33-18 Wah s SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Sistem pendukung keputusan adalah sekumpulan prosedur berbasis model untuk memproses data dan memberikan pertimbangan kepada seorang manajer dalam membuat keputusan. Skripsi ini bertujuan untuk membuat aplikasi sistem pendukung keputusan yang digunakan untuk perekrutan tenaga keperawatan rumah sakit guna meningkatkan efektivitas pengambilan keputusan serta mengurangi subyektivitas dalam proses pengambilan kepututusan. Ada beberapa kasus penggunaan metode yang digunakan untuk menyelesaikan masalah sistem pendukung keputusan, dalam permasalahan ini akan menggabungkan metode Simple Additive Weighting (SAW) dan Technique for Order Preference by Similarity to Ideal Solution (TOPSIS). Sistem perekrutan tenaga keperawatan ini menggunakan tiga tahapan dimana metode SAW dan TOPSIS diterapkan pada perekrutan tahap pertama. Sedangkan tahap kedua dan ketiga dilakukan perekrutan sesuai prosedur yang ada pada rumah sakit. Untuk proses tahap pertama memiliki lima kriteria penilaian sedangkan untuk proses tahap kedua dan ketiga masingmasing memiliki satu kriteria penilaian. Data calon karyawan yang digunakan adalah sebanyak 6 calon karyawan. Hasil pengujian pada permasalahan ini didapatkan hasil yang sama dari mengimplementasikan program dan perhitungan manual yaitu pelamar yang diterima menjadi karyawan baru adalah pelamar ketiga dan pelamar kedua dengan nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.33/18 Wah s
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
KRISTIN WAHYUNINGSIH, 081311233097UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorEdi Winarko, Drs., M.Cs.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Mar 2018 20:54
Last Modified: 28 Mar 2018 17:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71376
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item