HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DENGAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN MULTI-DEPOT VEHICLE ROUTING PROBLEM (MDVRP)

SHARAH ZENITA, 081311233045 (2018) HYBRID FIREFLY ALGORITHM (FA) DENGAN SIMULATED ANNEALING (SA) UNTUK MENYELESAIKAN MULTI-DEPOT VEHICLE ROUTING PROBLEM (MDVRP). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPM.34-18 Zen h ABSTRAK.pdf

Download (173kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPM.34-18 Zen h SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penulisan skripsi ini bertujuan untuk menyelesaikan masalah Multi-Depot Vehicle Routing Problem (MDVRP) menggunakan Hybrid Firefly Algorithm (FA) dengan Simulated Annealing (SA). MDVRP merupakan suatu permasalahan pembentukan rute kendaraan yang digunakan untuk melayani setiap pelanggan yang berbasis pada depot yang tersedia. Tujuan dari permasalahan ini adalah membentuk suatu rute pada masing masing depot agar dapat meminimumkan jarak tempuh kendaraan tanpa melanggar kapasitas kendaraan dan kapasitas depot yang ada. Metode yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan MDVRP adalah Hybrid Firefly Algorithm (FA) dengan Simulated Annealing (SA). Firefly Algorithm merupakan algoritma metaheuristik yang diadaptasi dari perilaku berkedipnya kunang-kunang. Simulated Annealing merupakan algoritma yang terinspirasi dari proses annealing. Hybrid FA dengan SA adalah gabungan dari kedua algoritma dengan cara menyisipkan proses SA ke proses FA. Secara umum, proses diawali dengan mengelompokkan pelanggan ke depot terdekat, membangkitkan solusi awal, melakukan proses FA, pemilihan solusi untuk SA, melakukan proses SA, kemudian dilanjutkan dengan proses FA. Penyelesaian MDVRP menggunakan Hybrid FA dengan SA dibuat dalam bahasa pemrograman C++ serta diimplementasikan pada tiga data yaitu data berukuran kecil (4 depot, 50 pelanggan), data berukuran sedang (5 depot, 75 pelanggan), dan data berukuran besar (2 depot, 100 pelanggan). Berdasarkan hasil implementasi pada ketiga kasus tersebut dapat disimpulkan bahwa semakin banyak jumlah iterasi dan jumlah populasi kunang-kunang, penyelesaiannya akan semakin baik, sedangkan untuk nilai alpha, semakin besar nilai alpha maka penyelesaiannya cenderung lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.34/18 Zen h
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
SHARAH ZENITA, 081311233045UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorHerry Suprajitno, Dr., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Mar 2018 21:07
Last Modified: 28 Mar 2018 16:57
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71379
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item