RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM PENENTUAN RANKING PROGRAM STUDI

EMIL HARIS HABIBAH, 081311233026 (2018) RANCANG BANGUN SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN METODE FUZZY ANALYTIC HIERARCHY PROCESS DALAM PENENTUAN RANKING PROGRAM STUDI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK MPM.36-18 Hab r ABSTRAK.pdf

Download (108kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK MPM.36-18 Hab r SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 28 March 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pada penelitian ini dibuat suatu sistem pendukung keputusan penentuan ranking program studi untuk mengetahui sejauh mana program studi pada suatu Universitas atau Perguruan Tinggi dapat dinyatakan sebagai program studi terbaik. Banyak kriteria yang harus dipenuhi dalam melakukan perankingan program studi untuk memeperoleh strategi yang tepat. Penempatan kriteria yang paling mempengaruhi keadaan baik-buruknya kondisi program studi sangat penting dalam menentukan perlakuan yang tepat terhadap kondisi program studi di masa sekarang. Analytic Hierarchy Process (AHP) adalah suatu teori tentang pengukuran yang digunakan untuk menentukan skala rasio dengan melakukan perbandingan berpasangan antar kriteria. Fuzzy Analytic Hierarchy Process (FAHP) merupakan suatu metode analisis yang dikembangkan dari AHP. Proses penurunan metode FAHP dari metode AHP menggunakan bilangan fuzzy sebagai skala perbandingan pada matriks perbandingan berpasangan. Dalam FAHP didapatkan hasil perhitungan untuk nilai Geometric Fuzzy Mean, bobot fuzzy dan Global Weight sesuai hirarki perankingan program studi. Kemudian data pengguna dibandingkan dengan alternatif untuk mendapatkan nilai sintetis alternatif. Nilai tersebut didefuzzyfikasi menggunakan metode Center of Area sehingga didapatkan hasil Best Non-Fuzzy Performance (BNP). Nilai terbaik BNP adalah alternatif program studi terbaik pada kondisi program studi. Sistem ini menampilkan 3 program studi teratas dimana sudah diurutkan berdasakan nilai tertinggi, yaitu Matematika dengan nilai 4.302, Biologi dengan nilai 4.057, dan Kimia dengan nilai 2.857. Sehingga sistem ini dapat digunakan untuk membantu dan menentukan proses perankingan program studi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM.36/18 Hab r
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA276-280 Mathematical Analysis
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
EMIL HARIS HABIBAH, 081311233026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAuli Damayanti, S.Si, M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorEdi Winarko, M.Cs.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 27 Mar 2018 21:24
Last Modified: 28 Mar 2018 17:03
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71385
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item