IDENTIFIKASI CRITICAL SUCCESS FACTORS DALAM ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN DAN PENJABARAN STRATEGI BISNIS PADA PT. MITRA INTERTRANS FORWARDING SURABAYA

ACHMAD SURATIN KURNIAWAN, 040234645 E (2005) IDENTIFIKASI CRITICAL SUCCESS FACTORS DALAM ANALISIS SWOT SEBAGAI DASAR PENYUSUNAN DAN PENJABARAN STRATEGI BISNIS PADA PT. MITRA INTERTRANS FORWARDING SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-kurniawana-5905-a305_05-k.pdf

Download (322kB) | Preview
[img] Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2008-kurniawana-5905-a305_05.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Analisis SWOT merupakan prosedur sistematis untuk mengidentifikasikan variabel-variabel keberhasilan kritis yang dimiliki oleh oleh perusahaan baik meliputi kekuatan dan kelemahan internalnya, dan peluang serta ancaman yang bersifat eksternal. Dengan analisis SWOT memungkinkan perusahaan untuk menyusun dan merencanakan strategi manajemen dalam upaya untuk mencapai misi dan tujuan organisasi. Elemen terpenting dalam analisis SWOT dari sebuah perusahaan adalah menentukan dengan tepat apa yang menjadi critical success factors (CSFs) perusahaan. Kesalahan dalam menentukan critical success factors dapat berakibat buruk pada sebuah organisasi, sehingga penentuan secara tepat critical success factors dalam perusahaan haruslah mendapatkan prioritas utama bagi manajemen puncak, karena pada saat itulah strategi organisasi ditetapkan. Dalani penelitian ini akan dibahas mengenai identifikasi critical success factors yang digunakan sebagi dasar penyusunan dan penjabaran strategi bisnis dalam sebuah perusahaan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Jenis datanya adalah data kuantitatif dan data kualitatif untuk menjelaskan analisis struktur industri dalam rangka mengidentifikasi critical success factors, sedangkan sumber datanya adalah data primer. Tehnik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis mencoba untuk menganalisa dengan menggunakan analisis SWOT untuk mengidentifikasi critical success factors yang ada pada PT. MIF sebagai dasar penyusunan dan penjabaran strategi bisnis perusahaan. Dari hasil penelitian dijabarkan bahwa dalam mengidentifikasi critical success factors ada dua hal yang perlu diperhatikan yaitu analysis of customer and demand dan analysis of competition. PT. MIF Surabaya menerapkan strategi diferensiasi dalam menjalankan bisnisnya. Hal-hal yang harus diper iatikan oleh perusahaan dalam rangka menerapkan strategi diferensiasi tersebut antara lain : kemampuan pemasaran yang tinggi, rekayasa produk, efisiensi, tradisi dalam industri atau keahlian unik, koordinasi yang kuat di antara fiingsi, riset, dan pengembangan produk, serta pemasaran. Critical success factors merupakan hal yang utama dalam menentukan strategi bisnis untuk mencapai keunggulan bersaing bagi perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A 305/05 Kur i
Uncontrolled Keywords: BUSINESS PLANNING; MANAGEMENT BY OBJECTIVES
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning
H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
ACHMAD SURATIN KURNIAWAN, 040234645 EUNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorMuslich Anshori, Drs., S.E., M.Sc., AkUNSPECIFIED
Depositing User: Nn Duwi Prebriyuwati
Date Deposited: 25 Jan 2008 12:00
Last Modified: 02 Sep 2016 14:28
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7143
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item