TRI SWASTI NURMAULIDAH, 040137343 (2005) ANALISIS PENGARUH FAKTOR-FAKTOR KEMASAN PRODUK SUSU INSTAN UHT TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GIANT HYPERMARKET SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
gdlhub-gdl-s1-2008-nurmaulida-6084-b187_05-k.pdf Download (325kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
7162a.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Kemasan sebagai strategi produk dapat digunakan sebagai alat promosi dan penyedia informasi dan dalaln situasi tertentu berperan secara efektif sebagai stimuli pemasaran yang mempengaruhi keputusan pembelian. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kemasan produk susu instan UHT yang diukur dengan faktor-faktor visibilitas, infromasi, daya tank emosional dan kemampuan untuk dikerjakan mempengaruhi terhadap keputusan pembelian konsumen Giant Hypermarket Surabaya. Bila nantinya diketahui ada pengaruh antara faktor-faktor kemasan terhadap keputusan pembelian, maka basil penelitian ini dapat digunakan sebagai pedoman penggunaan strategi pemasaran produk yang benar bagi relailer untuk menstimulasi konsumen dalam melakukan keputusan pembelian. Penelitian ini menggunakan variabel-variabel berdasarkan pada jurnal penelitian yang dilakukan oleh Dik Warren Twedt (1968) yang menyatakan bahwa empat fitur umum bisa digunakan untuk mengevaluasi suatu kemasan khusus, yaitu visibilitas (visibility), informasi (information), daya tank emosional (emosional appeal), dan daya / kemampuan untuk dikerjakan (workability) yang diingat dengan akronim VIEW. Penelitian ini menggunakan model analisis regresi logistik berganda dengan Xl = visibilitas (visibility), X2 = informasi (information), X3 = daya tank emosional (emosional appeal), dan X4 = daya / kemampuan untuk dikerjakan (workability) dan Y = Keputusan Pembelian. Validitas data diukur menggunakan teknik korelasi Pearson Product Moment. Reliabilitas data diukur menggunakan teknik croanbach 's alpha. Hasil penelitian ini adalah persamaan regresi logistik berganda : Probabilitas (keputusan pembelian) = 1 1 + 2,718 - {-10,444+ 1,130 (X1)+0,893(X2)+ 1,085(X3) +0,6510(411 Hasil uji hipotesis melalui uji Wald menyatakan bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan bahwa visibilitas (visibility), informasi (information), daya tank emosional (emotional appeal) dan daya/kemampuan untuk dikerjakan (workability) mempunyai pengaruh terhadap keputusan pembelian produk susu instan dapat diterima dan variabel informasi (information) merupakan variabel yang berpengaruh dominan karena memiliki nilai signifikansi paling kecil yaitu 0,006.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 187/05 Nur a | ||||||
Uncontrolled Keywords: | PACKAGE GOODS INDUSTRY; CONSUMER BEHAVIOR | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Strategic planning H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Duwi Prebriyuwati | ||||||
Date Deposited: | 15 Feb 2008 12:00 | ||||||
Last Modified: | 19 Jun 2017 19:16 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/7162 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |