PENUTUPAN PABRIK PERAKITAN CHEVROLET SPIN SEBAGAI STRATEGI GENERAL MOTORS DALAM BERTAHAN DARI PERSAINGAN MOBIL MURAH PASCA PENERAPAN KEBIJAKAN LOW COST GREEN CAR (LCGC)

AMY TIRTO, 071112002 (2017) PENUTUPAN PABRIK PERAKITAN CHEVROLET SPIN SEBAGAI STRATEGI GENERAL MOTORS DALAM BERTAHAN DARI PERSAINGAN MOBIL MURAH PASCA PENERAPAN KEBIJAKAN LOW COST GREEN CAR (LCGC). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.HI.08 18 Tir p.pdf

Download (31kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Indonesia merupakan emerging market dibawah dominasi mutlak produk otomotif Jepang. Banyak perusahaan otomotif non Jepang yang tergiur dengan potensi pasar Indonesia namun ragu untuk bersaing dengan Jepang. General Motors, sebagai salah satu raksasa otomotif dunia, menjadi satu-satunya perusahaan non Jepang yang terus menggeliat berusaha membangkitkan bisnisnya di Indonesia.beberapa kali kegagalan dalam membuka pabrik perakitan di Indonesia tidak cukup meredupkan semangat General Motors mengingat sejarah panjangnya di pasar otomotif Indonesia. Pada tahun 2013, Chevrolet Spin hasil produksi pabrik Bekasi diluncurkan sebagai andalan GM di pasar Low MPV bersaing dengan Avanza dan kawan-kawan. Namun, penjualan Chevrolet Spin terus merugi bersamaan dengan berkembangnya mobil Low Cost Green Car(LCGC). General Motors memutuskan menutup produksi Chevrolet Spin di tahun 2015. Dalam penelitian ini, penulis akan memadukan kerangka analisis Porter’s five forces dalam mengungkap tantangan General Motors di pasar Indoensia dan strategi AAA dalam menjelaskan langkah-langkah strategis General Motors, termasuk penutupan pabrik, sebagai upaya untuk bertahan di pasar otomotif Indonesia. Penulis menduga, adanya indikasi General Motors kembali membangun pasarnya di Indonesia besama perusahaan patungan dari Cina, SAIC dan Wuling Motors, sebagai PT. SGMW Motor Indonesia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.HI.08/18 Tir p (TLP)
Uncontrolled Keywords: LCGC, General Motors Indonesia, SGMW, Strategi AA
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF1-6182 Commerce
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Creators:
CreatorsNIM
AMY TIRTO, 071112002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Rochmawati Susanto, S.IP., MIR.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 04 Apr 2018 23:14
Last Modified: 26 Apr 2018 16:52
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71655
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item