PERAN ZAKAT INFAK SEDEKAH DAN WAKAF PRODUKTIF BAITUL MAAL HIDAYATULLAH TERHADAP KEMANDIRIAN PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH II PASURUAN

DIANANDA RAHMAWIGUNA, 041211432015 (2018) PERAN ZAKAT INFAK SEDEKAH DAN WAKAF PRODUKTIF BAITUL MAAL HIDAYATULLAH TERHADAP KEMANDIRIAN PONDOK PESANTREN DARUL HIJRAH II PASURUAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
FEB.EI. 56-18 Rah p Abstrak.pdf

Download (225kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
FEB.EI. 56-18 Rah p.pdf
Restricted to Registered users only until 11 April 2021.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Zakat, infak, sedekah, dan wakaf yang didistribusikan secara produktif mempunyai potensi yang besar sebagai peningkat ekonomi masyarakat termasuk juga memandirikan pondok pesantren yang sering kali bergantung kepada donasi pihak luar. BMH sebagai sebuah lembaga yang memiliki peran dan fungsi sebagai penghimpun, pendistribusian, dan pendayagunaan dana zakat,infak,sedekah, dan wakaf memiliki peran yang penting dalam memproduktifkan dana tersebut untuk meningkatkan perekonomian masayarakat termasuk memandirikan Pondok Pesantren Darul Hijrah II Pasuruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran zakat, infaq, sedekah, dan waqaf produktif Baitul Maal Hidayatullah terhadap kemandirian Pondok Pesantren Darul Hijrah II Pasuruan.Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Dalam teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara(interview )secara langsung kepada informan terkait. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penyaluran zakat, infaq, sedekah, dan waqaf secara produktif serta pembinanan dan evaluasi secara berkala dari Baitul Mall Hidayatullah telah mampu memberikan pendapatan jangka panjang kepada Pondok Pesantren Darul Hijrah II Pasuruan yang dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhannya. Walaupun jika dilihat berdasarkan tingkat kemandirian yang didapat masih terbilang kecil. Namun jika melihat nominal yang dihasilkan dan semakin berkembangnya usaha dari pengelolaan usaha tersebut, sebenarnya kondisi tersebut sudah termasuk baik untuk ukuran pondok pesantren yang terbilang masih muda. Sehingga Pondok Pesantren Darul Hijrah II Pasuruan pun menjadi pondok pesantren percontohan bagi pondok pesantren yang dikelola Baitul Maal Hidayatullah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 FEB.EI. 56-18 Rah p
Uncontrolled Keywords: Zakat, Infak, Sedekah, Wakaf, Produktif, Baitul Maal, Kemandirian, Pondok Pesantren.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2335.95-2337 Endowments, trusts, etc.
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Creators:
CreatorsNIM
DIANANDA RAHMAWIGUNA, 041211432015UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSiti Inayatul Faizah, S.AG., M.SI.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 10 Apr 2018 19:13
Last Modified: 10 Apr 2018 19:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71761
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item