PENYELESAIAN MULTIPLE-TRIPS VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (MTVRPTW) DENGAN MENGGUNAKAN FIREFLY ALGORITHM (FA)

QUINTAN SURI ISTIQOMAH, 081411231044 (2018) PENYELESAIAN MULTIPLE-TRIPS VEHICLE ROUTING PROBLEM WITH TIME WINDOWS (MTVRPTW) DENGAN MENGGUNAKAN FIREFLY ALGORITHM (FA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
MPM. 47-18 Ist p Abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
MPM. 47-18 Ist p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Multiple-Trips Vehicle Routing Problem with Time Windows (MTVRPTW) merupakan masalah penentuan rute pendistribusian yang melibatkan depot dan sejumlah pelanggan yang memiliki kendala waktu pelayanan. Rute pengiriman harus berawal dan berakhir di depot, dengan jumlah maksimal permintaan masing-masing rute tidak melebihi kapasitas maksimal kendaraan. Pada permasalahan ini masing-masing kendaraan diperbolehkan melayani lebih dari satu rute selama time windows depot masih terpenuhi. Pada skripsi ini, digunakan Firefly Algorithm (FA) untuk menyelesaikan MTVRPTW. Firefly Algorithm merupakan algoritma yang terinspirasi dari pola dan perilaku berkedipnya kunang-kunang. Tahapan dari Firerfly Algorithm adalah mengenerate populasi awal untuk setiap firefly, menentukan bentuk permutasi, menghitung nilai fungsi tujuan pada setiap firefly, menghitung intensitas cahaya masing-masing firefly, membandingkan intensitas cahaya setiap firefly, menentapkan firefly terbaik sebagai g-best, melakukan movement pada firefly terbaik selama jumlah iterasi belum terpenuhi. Program yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan MTVRPTW dengan menggunakan firefly algorithm adalah Borland C++ dan diimplementasikan pada 3 contoh kasus, data kecil dengan 8 pelanggan, data sedang dengan 25 pelanggan, dan data besar dengan 100 pelanggan. Dapat disimpulkan bahwa banyak iterasi dan banyak firefly mempengaruhi jumlah kendaraan dan waktu yang dibutuhkan untuk seluruh kendaraan melayani pelanggan semakin minimal. Sedangkan nilai koefisien arbsorpsi tidak memberikan pengaruh pada kualitas nilai fungsi tujuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPM. 47-18 Ist p
Uncontrolled Keywords: Firefy Algorithm, Multiple-Trips Vehicle Routing Problem, Vehicle Routing Problem with Time Windows, Multiple-Trips Vehicle Routing Problem with Time Windows (MTVRPTW), Vehicle Routing Problem (VRP)
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA76.73. Computer algorithms and Data structures
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika
Creators:
CreatorsNIM
QUINTAN SURI ISTIQOMAH, 081411231044UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorAsri Bekti Pratiwi, S.Si., M.Si.UNSPECIFIED
Thesis advisorHerry Suprajitno, M.Si., Ph.D.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 11 Apr 2018 19:53
Last Modified: 11 Apr 2018 19:53
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71778
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item