PENERAPAN SISTEM OTOMASI PADA PERPUSTAKAAN SDN SUMORAME KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN SLIMS AKASIA

NINDY WIDYA ANGGRAINI, 151511313002 (2017) PENERAPAN SISTEM OTOMASI PADA PERPUSTAKAAN SDN SUMORAME KECAMATAN CANDI KABUPATEN SIDOARJO DENGAN MENGGUNAKAN SLIMS AKASIA. Tugas Akhir D3 thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_FV.TP.24 18 Ang p.pdf

Download (118kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_FV.TP.24 18 Ang p.pdf
Restricted to Registered users only until 12 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan sarana penunjang informasi bagi kebutuhan warga sekolah. Perpustakaan sekolah yang baik perlu untuk lebih mengembangkan perpustakaannya menjadi lebih baik lagi. Pengembangan perpustakaan tersebut memerlukan adanya dukungan dari lembaga yang menaungi perpustakaan serta peran aktif tenaga pendidik untuk mengajak para siswa untuk memanfaatkan perpustakaan tersebut. Pengembangan perpustakaan tersebut dapat dilakukan dengan cara melakukan penerapan teknologi untuk mempermudah kegiatan yang ada di perpustakaan karena banyak perpustakaan sekolah belum menerapkan otomasi perpustakaan. Perpustakaan SDN SUMORAME Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo adalah salah satu perpustakaan yang belum menerapkan otomasi perpustakaan. Pada perpustakaan ini, proses sirkulasi dan proses pencarian koleksi masih dilakukan secara manual. Perpustakaan SDN SUMORAME Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo telah memiliki beberapa aspek adanya penerapan otomasi pada perpustakaan. Aspek yang mendukung adanya penerapan otomasi tersebut ialah perpustakaan yang memiliki banyak koleksi serta adanya fasilitas yang mendukung seperti computer PC. Adanya aspek yang mendukung penerapan otomasi pada perpustakaan SDN SUMORAME Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo yang dijadikan penulis sebagai sasaran pembuatan produk Tugas Akhir. Pembuatan Tugas Akhir tersebut berupa system otomasi pada perpustakaan SDN SUMORAME Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Penerapan sistem otomasi tersebut menggunakan software SLiMS (Senayan Library Management Systems). SLiMS Akasia digunakan dalam penerapan sistem otomasi dikarenakan SLiMS Akasia memiliki keunggulan berbasis web (web based), SLiMS juga merupakan aplikasi perpustakaan yang bersifat open sources yang digunakan pada berbagai platform system computer yaitu windows dan Linux. SLiMS juga memiliki integrase system yang lebih luas sehingga dapat mencakup unit kerja secara keseluruhan pada perpustakaan.

Item Type: Thesis (Tugas Akhir D3)
Additional Information: KKB KK-2 FV.TP.24/18 Ang p
Uncontrolled Keywords: sistem informasi, perpustakaan, slims akasia
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6-58.62 Management information systems
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: 15. Fakultas Vokasi > Departemen Teknik > D3 Teknisi Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
NINDY WIDYA ANGGRAINI, 151511313002UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorEndang Fitriyah, S.Sos., M.Hum.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 11 Apr 2018 23:24
Last Modified: 11 Apr 2018 23:24
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71794
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item