TINGKAT PLAGIARISME DI KALANGAN PUSTAKAWAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERILAKU PLAGIARISME PADA PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KOTA SURABAYA)

RAUDHATUL MUNAWWARAH, 071211632055 (2016) TINGKAT PLAGIARISME DI KALANGAN PUSTAKAWAN (STUDI DESKRIPTIF TENTANG PERILAKU PLAGIARISME PADA PUSTAKAWAN PERGURUAN TINGGI NEGERI DI KOTA SURABAYA). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Fis.IIP. 114-17 Mun r Abstrak.pdf

Download (226kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Fis.IIP. 114-17 Mun r.pdf
Restricted to Registered users only until 16 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran tingkat plagiarisme di kalangan pustakawan pada saat melakukan penulisan karya ilmiah sebagai salah satu jalan yang bisa ditempuh agar kenaikan pangkat mereka lebih cepat didapatkan. Latar belakang dilakukannya penelitian ini adkalah adanya tindakan plagiarisme yang dilakukan oleh pustakawan dalam penulisan karya ilmiah mereka dengan menggunakan skripsi mahasiswa. Plagiarisme merupakan perilaku menyimpang yang terjadi apabila seseorang mengambil atau menjiplak suatu karangan atau karya orang lain dan menjadikan karya tersebut seolah-olah adalah miliknya. Hal ini kemudian diteliti dengan menggunakan tingkat plagiarisme yang terbagi kedalam lima tingkat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan teknik purposive dalam pemilihan sampelnya. Sampel pada penelitian ini diambil dari populasi pustakawan perguruan tinggi negeri (PTN) di wilayah Surabaya. Dari hasil analisis yang ditemukan, perilaku plagiarisme di kalangan pustakawan tersebut berada dalam kategori rendah pada tiap tingkatnya. Untuk hasil skor yang muncul pada tingkat pertama sebesar 1,77 disusul dengan tingkat kedua dengan skor sebesar 1,84. Tingkat ketiga serta tingkat keempat skor memiliki hasil skor yang sama yakni 1,85. Untuk tingkat kelima skor yang dihasilkan sebesar 2,48.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.IIP. 114-17 Mun r
Uncontrolled Keywords: Plagiarisme, pustakawan, tingkat plagiarisme
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z665 Library Science. Information Science
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Informasi dan Perpustakaan
Creators:
CreatorsNIM
RAUDHATUL MUNAWWARAH, 071211632055UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorFitri Mutia, A.KS., M.SiUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 15 Apr 2018 19:22
Last Modified: 15 Apr 2018 19:22
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71826
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item