Dwi Setianingsih, 090970417 (2017) KESINAMBUNGAN DAN PERUBAHAN LEMBAGA PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN DARUL ULUM JOMBANG. Disertasi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Dis.S.02 18 Set k.pdf Download (75kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Dis.S.02 18 Set k.pdf Restricted to Registered users only until 17 April 2021. Download (2MB) | Request a copy |
||
|
Text (JURNAL)
JURNAL_Dis.S.02 18 Set k.pdf Download (284kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang kesinambungan dan perubahan lembaga pendidikan di Pondok Pesantren. Sejarah pendidikan Islam di Indonesia menunjukkan bahwapondok pesantren dikenal luas memiliki peran signifikan, khususnya dalam dimensi pendidikan masyarakat (santri). Dalam perkembangannya di tengah-tengah arus perubahan jaman, pesantren ternyata mampu beradaptasi demi keberlangsungan eksistensinya. Kesinambungan dan perubahan lembaga pendidikan Islam ini tidak lepas dari peran kiai dalam melakukan konstruksi sosial terhadap perubahan yang ada di luar pondok pesantren. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Dalam pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara, yaitu observasi,wawancara, dan dokumen. Pengumpulan data dilakukan sekitar 4 bulan. Informan dalam penelitian ini adalah para kiai pengasuh pondok pesantren Darul Ulum sebanyak 7 orang, yang memiliki peran penting dalam menentukan arah perubahan pondok pesantren. Lokasi penelitian ini adalah Pondok Pesantren Darul Ulum Rejoso Peterongan Jombang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan lembaga pendidikan di pondok pesantren Darul Ulum, telah mengalami dinamika kesinambungan dan perubahan pada masa kepemimpinan Kiai Musta‟in Romli. Tareqat Qodiriyah wa Naqsabandiyah sebagai amaliyah yang berbasis nilai- nilai sufistik, masih tetap berkembang di tengah arus perubahan. Tareqat yang merupakan cikal bakal berdirinya lembaga pendidikan di pondok pesantren Darul Ulum jusrtu berjalan seiring dengan perubahan dan tetap terus bertahan hingga saat ini. Namun tidak dipungkiri dalam proses dinamika perkembangan tersebut, pondok pesantren Darul Ulum juga mengalami perubahan, khususnya lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan yang awal berdirinya hanya mengajarkan ilmu agama Islam saja, kini telah mengalami perubahan orientasi dalam bidang kurikulum dan menejemen pendidikan. Implementasi dari perubahan tersebut adalah munculnya beberapa variasi lembaga pendidikan, yaitu 16 unit lembaga pendidikan.Kesinambungan dan perubahan itu tidak lepas dari peran kiai dalam melakukan konstruksi sosial untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada di luar pondok pesantren. Perbedaan latar belakang dan pengalaman kiai-kiai sangat mempengaruhi arah dan bentuk perubahan lembaga pendidikan di pondok pesantren Darul Ulum saat ini.
Item Type: | Thesis (Disertasi) | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 Dis.S.02/18 Set k | |||||||||
Uncontrolled Keywords: | Kesinambungan, Perubahan, Lembaga Pendidikan, dan Pondok Pesantren Darul Ulum. | |||||||||
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB1555-1602 Elementary or public school education L Education > LB Theory and practice of education > LB5-3640 Theory and practice of education > LB2300-2430 Higher education > LB2371-2372 Graduate education |
|||||||||
Divisions: | 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional | |||||||||
Creators: |
|
|||||||||
Contributors: |
|
|||||||||
Depositing User: | Mrs Nadia Tsaurah | |||||||||
Date Deposited: | 16 Apr 2018 21:20 | |||||||||
Last Modified: | 02 May 2018 23:36 | |||||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71845 | |||||||||
Sosial Share: | ||||||||||
Actions (login required)
View Item |