PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN TURNOVER INTENTION KARYAWAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS)DI JAWA TIMUR

SITI MAHMUDAH, 091070304 (2017) PENGARUH IKLIM ORGANISASI, KEPEMIMPINAN SPIRITUAL DAN PENGEMBANGAN KARIER TERHADAP KEPUASAN KERJA, KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN TURNOVER INTENTION KARYAWAN BANK PEMBIAYAAN RAKYAT SYARIAH (BPRS)DI JAWA TIMUR. Disertasi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
Dis. E. 07-18 Mah p Abstrak.pdf

Download (52kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
Dis. E. 07-18 Mah p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 April 2021.

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh iklim organisasi, kepemimpinan spiritual, dan pengembangan karier terhadap kepuasan kerja komitmen organisasional, dan turnover intention karyawan Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) di Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan untuk mencapai tujuan tersebut adalah explanatory (penjelasan) dengan analisis deskriptif dan inferensial. Analisis inferensial dilakukan dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) program Analysis of Moment Structure (AMOS) versi 19 dan SPSS versi 19. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 karyawan tetap BPRS di Jawa Timur. Teknik pengambilan sampel menggunakan area proportional random sampling. Data diperoleh melalui angket dengan skala Likert 5 point. Jumlah angket yang disebarkan kembali semuanya (100%) dan yang layak untuk dianalisis sebanyak 185 responden (92,5%). Hasil penelitian membuktikan bahwa: iklim organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja, komitmen organisasional, dan turnover intention; kepemimpinan spiritual berpengaruh positif terhadap kepuasan kerja akan tetapi tidak berpengaruh terhadap komitmen organisasional dan turnover intention; dan pengembangan karier tidak berpengaruh terhadap kepuasan kerja, akan tetapi berpengaruh positif terhadap komitmen organisasional dan turnover intention. Variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam meningkatkan kepuasan kerja dan komitmen organisasional adalah iklim organisasi, sedangkan variabel yang memiliki pengaruh paling besar dalam menurunkan turnover intention adalah komitmen organisasional. Selain itu, iklim organisasi secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja dan komitmen organisasional, baik secara sederhana maupun simultan; kepemimpinan spiritual secara tidak langsung berpengaruh berpengaruh negatif terhadap turnover intention melalui kepuasan kerja; dan pengembangan karier secara tidak langsung berpengaruh negatif terhadap turnover intention melalui komitmen organisasional. Dengan demikian, dalam setting perbankan syariah (BPRS di Jawa Timur) keberadaan kepuasan kerja dan komitmen organisasional sangat penting untuk menurunkan turnover intention karyawan.

Item Type: Thesis (Disertasi)
Additional Information: KKB KK-2 Dis. E. 07-18 Mah p
Uncontrolled Keywords: iklim organisasi, kepemimpinan spiritual, pengembangan karier, kepuasan kerja, komitmen organisasional, dan turnover intention.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5549-5549.5 Personnel management. Employment
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Doktoral Ilmu Ekonomi
Creators:
CreatorsNIM
SITI MAHMUDAH, 091070304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBudiman Chr, Prof., Drs., Ec., M.A., Ph.D.UNSPECIFIED
Thesis advisorAnis Eliyana, Prof. Dr., S.E., M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 Apr 2018 23:25
Last Modified: 22 Apr 2018 20:00
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71868
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item