EKSPRESI TGF- β1 PADA TULANG ALVEOLAR SETELAH PEMBERIAN HIDROKSI APATIT DENGAN PENAMBAHAN SHED (Penelitian Eksperimental Pada Hewan Coba Rattus norvegicus)

NUR HAYATI, 021518056304 (2018) EKSPRESI TGF- β1 PADA TULANG ALVEOLAR SETELAH PEMBERIAN HIDROKSI APATIT DENGAN PENAMBAHAN SHED (Penelitian Eksperimental Pada Hewan Coba Rattus norvegicus). Thesis thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PPDGS.PERI. 10-18 Hay e Abstrak.pdf

Download (50kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PPDGS.PERI. 10-18 Hay e.pdf
Restricted to Registered users only until 20 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Latar belakang : Pencabutan gigi merupakan tindakan bedah yang sering dilakukan di bidang kedokteran gigi. Pada proses penyembuhan, soket bekas pencabutan gigi tidak terisi tulang dengan penuh karena terdapat tulang alveolar yang hilang pada tinggi dan lebarnya. Konsep tissue engineering menggunakan scaffold hidroksi apatit (HA) dan Stem Cell from Human Exfoliated Deciduous Teeth (SHED) bisa menjadi alternatif untuk perawatan defek tulang setelah pencabutan gigi untuk menghindari terjadinya penyulit perawatan restorasi pada implant gigi atau restorasi konvensional lain. HA dengan penambahan SHED menjadi biomaterial yang baik untuk regenerasi tulang. TGF-β1 merupakan growth factor multifungsional yang berperan dalam regenerasi jaringan dan remodeling tulang. Tujuan: Untuk mengetahui apakah ada perbedaan ekspresi TGF-β1 setelah pemberian HA dan HA dengan penambahan SHED pada soket pencabutan gigi tikus. Metode:. Dilakukan penelitian dengan rancangan penelitian post-test only control group pada dua grup hewan coba yang deberi HA dan HA dengan penambahan SHED. Setelah dilakukan pengecatan imunohistokimia pada preparat tulang alveolar hewan coba, ekspresi TGF β-1 dilihat pada hari ke dua puluh satu. Hasil: Pada independent T-test didapatkan hasil p=0,001 <0,05 menunjukkan adanya perbedaan bermakna jumlah ekspresi TGF-β1 pada kelompok perlakuan dengan HA dan pada kelompok perlakuan HA dengan penambahanSHED.Simpulan: Ekspresi TGF-β1 pada kelompok scaffold hidroksi apatit dengan SHED lebih tinggi daripada kelompok scaffold hidroksi apatit.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKA KK PPDGS.PERI. 10-18 Hay e
Uncontrolled Keywords: hidroksi apatide, SHED, TGF-β1, remodeling tulang.
Subjects: R Medicine > RK Dentistry > RK1-715 Dentistry
Divisions: 02. Fakultas Kedokteran Gigi
Creators:
CreatorsNIM
NUR HAYATI, 021518056304UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 20 Apr 2018 00:37
Last Modified: 20 Apr 2018 00:37
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/71912
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item