DINAMIKA NITROGEN PADA PEMELIHARAAN CALON INDUK UDANG WINDU (Penaeus monodon) DALAM PROGRAM NATIONAL SHRIMP BROODSTOCKING CENTER (NSBC) DI BBPBAP JEPARA JAWA TENGAH

RISKA PURWANDANI, 141411131108 (2018) DINAMIKA NITROGEN PADA PEMELIHARAAN CALON INDUK UDANG WINDU (Penaeus monodon) DALAM PROGRAM NATIONAL SHRIMP BROODSTOCKING CENTER (NSBC) DI BBPBAP JEPARA JAWA TENGAH. Fakultas Perikanan dan Kelautan, Surabaya Universitas Airlangga. (Unpublished)

[img]
Preview
Text (Abstrak)
PKL.PK.BP. 93-18 Pur d Abstrak.pdf

Download (69kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
PKL.PK.BP. 93-18 Pur d.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Udang merupakan salah satu komoditas utama dalam industrialisasi budidaya. Komoditas ini memiliki nilai komoditas tinggi (high economic value) serta permintaan pasar yang juga tinggi (high demand product). Kegiatan produksi calon induk udang windu merupakan rangkaian proses domestifikasi dan pemuliaan untuk menghasilkan induk unggul. Upaya domestifikasi udang windu dilakukan dengan pemberlakuan program broodstock center yang disebut NSBC (National Shrimp Broodstocking Center). Praktek Kerja Lapang (PKL) dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui dinamika nitrogen dan manajemen kualitas air pada tambak pemeliharaan calon induk udang windu dalam program NSBC. Kegiatan Praktek Kerja Lapang dilaksanakan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau (BBPBAP) Jepara, Jawa Tengah. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 23 Januari-23 Februari 2017. Metode yang digunakan dalam Praktek Kerja Lapang adalah metode deskriptif dengan pengambilan data meliputi data primer dan data sekunder. Pengambilan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dan partisipasi aktif. Pemeliharaan calon induk udang windu pada program NSBC dilakukan dengan menerapkan manajemen kualitas air yang baik, yaitu dengan melakukan pengukuran kualitas air secara berkala dan pemberian beberapa perlakuan untuk mempertahankan kondisi kualitas air optimal. Pengukuran kualitas air meliputi kualitas air fisika, kimia, dan biologi dengan rentang waktu disesuaikan dengan kondisi air media pemeliharaan udang windu. Kualitas air fisika yang terukur ialah suhu pagi berkisar 25-30°C, suhu sore 26-33°C, warna air media pemeliharaan hijau pekat, dan kecerahan 20-25 cm. Kualitas air kimia meliputi DO berkisar 3-5 mg/L, salinitas 15-20 ppt, pH 8-9, ammonia <0,1 mg/L, nitrit <0,015 mg/L, dan nitrat 0 mg/L. Kualitas air biologi yang terukur ialah jenis dan dominansi plankton yang berdasarkan identifikasi diketahui bahwa jenis plankton yang dominan ialah Chlorella sp. Nilai kualitas air tersebut menunjukkan kisaran yang sesuai dengan kriteria kualitas air optimal untuk memelihara udang windu. Perlakuan awal pada persiapan tambak dan selama pemeliharaan dilakukan untuk mempertahan kondisi kualitas air agar tetap stabil. Perlakuan awal yang dilakukan ketika proses persiapan tambak ialah pengeringan tanah dasar tambak, pengapuran, pemupukan, dan pengaturan air media pemeliharaan. Perlakuan selama proses pemeliharaan yang dilakukan ialah, pemupukan susulan, pengapuran susulan, pengurangan dan penambahan air, aplikasi probiotik beserta molase, dan aplikasi peroksida.

Item Type: Other
Additional Information: KKC KK PKL.PK.BP. 93-18 Pur d
Uncontrolled Keywords: Nitrogen, Pemeliharaan Calon Induk Udang Windu (Penaeus monodon), National Shrimp Broodstocking Center (NSBC)
Subjects: S Agriculture > SH Aquaculture. Fisheries. Angling > SH1-691 Aquaculture. Fisheries. Angling > SH201-399 Fisheries
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan
Creators:
CreatorsNIM
RISKA PURWANDANI, 141411131108UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorJuni Triastuti, Dr. Rr., S.Pi.,M.Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 26 Apr 2018 18:48
Last Modified: 26 Apr 2018 18:48
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72029
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item