ANALISIS PELAPORAN BIAYA LINGKUNGAN DAN KEUNTUNGAN LINGKUNGAN SEBAGAI CERMINAN KINERJA LINGKUNGAN DALAM MENCAPAI EKOEFISIENSI (STUDI KASUS PADA PT HANIL JAYA STEEL SIDOARJO)

RAFDI NOOR PUTRA NUGRAHA, 041411331080 (2018) ANALISIS PELAPORAN BIAYA LINGKUNGAN DAN KEUNTUNGAN LINGKUNGAN SEBAGAI CERMINAN KINERJA LINGKUNGAN DALAM MENCAPAI EKOEFISIENSI (STUDI KASUS PADA PT HANIL JAYA STEEL SIDOARJO). Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
A. 129-18 Nug a Abstrak.pdf

Download (106kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
A. 129-18 Nug a.pdf
Restricted to Registered users only until 27 April 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Di era modern ini, salah satu pemeran utama dalam permasalahan lingkungan adalah sektor industri. Permasalahan lingkungan muncul karena adanya interaktsi antara aktivitas perusahaan dengan lingkungan. Perusahaan sebagai pelaku ekonomi memiliki tujuan untuk meningkatkan laba tanpa memperhatikan dampak negatif yang dihasilkan dari aktivitas perusahaan. Dengan menerapkan ekoefisiensi, maka perusahaan dapat merubah cara pandangnya dalam meningkatkan laba dengan mengurangi dampak negatif yang dihasilkan dari aktivitas perusahaan. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan simulasi penyusunan laporan biaya lingkungan dan laporan keuangan lingkungan yang mencerminkan kinerja lingkungan dalam mencapai ekoefisiensi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dan fokus utamanya adalah menganalisis biaya lingkungan dan keuntungan lingkungan yang diperoleh dari aktivitas lingkungan dalam mencapai ekoefisiensi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PT Hanil Jaya Steel belum membuat laporan keuangan lingkungan secara khusus. Dari hasil simulasi laporan keuangan lingkungan PT Hanil Jaya Steel tahun 2015-2017 menunjukkan bahwa biaya lingkungan mengalami penurunan, namun tidak bersamaan dengan penurunan biaya kegagalan, dan keuntungan lingkungan mengalami peningkatan pada tahun 2017. Dengan demikian, kinerja lingkungan PT Hanil Jaya Steel berdasarkan laporan keuangan lingkungan mengalami perbaikan kinerja lingkungan, namun perlu beberapa upaya pengelolaan lingkungan lagi untuk mencapai ekoefisiensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 A. 129-18 Nug a
Uncontrolled Keywords: biaya lingkungan, keuntungan lingkungan, kinerja lingkungan, laporan biaya lingkungan, laporan keuangan lingkungan.
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6977-7080 Cost and standard of living
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Creators:
CreatorsNIM
RAFDI NOOR PUTRA NUGRAHA, 041411331080UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorWiwiek Dianawati, Dr., Dra., M.Si., Ak.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 27 Apr 2018 00:33
Last Modified: 27 Apr 2018 00:33
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72041
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item