EKSPLORASI KOMUNIKASI PEMASARAN YANG MENDUKUNG KEBERHASILAN MUSISI JAZZ PENDATANG BARU DALAM NAUNGAN LABEL DEMAJORS

RIANDRY DWI PRAKOSO (2018) EKSPLORASI KOMUNIKASI PEMASARAN YANG MENDUKUNG KEBERHASILAN MUSISI JAZZ PENDATANG BARU DALAM NAUNGAN LABEL DEMAJORS. Thesis thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_MM.47 18 Pra e.pdf

Download (83kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_MM.47 18 Pra e.pdf
Restricted to Registered users only until 2 May 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pesatnya perkembangan era teknologi dan informasi saat ini menyebabkan label dan musisi harus dapat menyesuaikan aktifitas komunikasi pemasarannya agar dapat berhasil menembus pasar, bahwa tidak semua musisi yang masuk kedalam industri kreatif seperti industri musik Indonesia dapat menjadi sukses. Di Indonesia tidak begitu banyak label lokal yang dapat mempertahankan bisnis rekamannya serta produktif merilis album seperti label Demajors. Terhadap ketiga musisi Jazz pendatang baru yang ditangani, Demajors menerapkan aktifitas komunikasi pemasaran yang sama terhadap semua musisi yang dinaunginya. Pada tahun 2014 Ketiga musisi tersebut merilis album perdananya dengan genre musik Jazz yang hampir sama, akan tetapi pada ketiga musisi yang telah dirilis label Demajors memiliki hasil yang berbeda. Penelitian ini berfokus untuk mengeksplorasi komunikasi pemasaran yang dapat mendukung keberhasilan musisi Jazz pendatang baru dalam naungan label Demajors. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan jenis metode wawancara mendalam (indepth interview) terhadap 6 informan terdiri dari Manajemen label Demajors, Manajemen Musisi dan pengamat industri musik Indonesia, Sedangkan teknik analisis menggunakan data interview yang disalin dalam bentuk transkrip verbatim wawancara dengan pembubuhan kode-kode. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa musisi dalam pendatang baru dapat melakukan aktifitas komunikasi pemasaran bukan hanya dengan melakukan strategi formal yang standart dilakukan oleh label Demajors yang menaungi musisi tersebut saja, akan tetapi juga dapat melakukan aktifitas strategi informal yang dapat dilakukan dengan cara-cara Organik maupun Anorganik yang dapat mempercepat promosi dan meningkatkan hasil penjualan album musisi.

Item Type: Thesis (Thesis)
Additional Information: KKB KK-2 MM.47/18 Pra e
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Pemasaran, Industri Musik, Demajors Label, Musisi Jazz, Musisi Pendatang Baru.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
P Language and Literature > P Philology. Linguistics > P87-96 Communication. Mass media
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Magister Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
RIANDRY DWI PRAKOSONIM041414353020-MM
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorGancar Candra Premananto, Dr., SE., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 01 May 2018 22:56
Last Modified: 01 May 2018 22:56
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72080
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item