YONAS ADI WIBOWO, 040214377 (2011) PENGARUH PARTISIPASI TERHADAP KEPUASAN PEMAKAI DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI DENGAN KOMUNIKASI PEMAKAI-PENGEMBANG SEBAGAI MODERATING VARIABLE DI PT. (PERSERO) PELABUHAN INDONESIA III SURABAYA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS AIRLANGGA.
|
Text (ABSTRAK)
skripsi word.doc - gdlhub-gdl-s1-2011-wibowoyona-13045-b23910-p.pdf Download (451kB) | Preview |
|
Text (FULL TEXT)
gdlhub-gdl-s1-2011-wibowoyona-13045-b23910-p.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Teknologi informasi yang dapat diakses dengan mudah memberikan arus informasi yang sangat cepat dan besar. Dalam lingkup sistem informasi, kebutuhan pengguna terhadap sistem informasi harus dapat dideteksi dengan baik oleh perancang sistem, termasuk dalam departemen Sistem Informasi (SI), agar sistem yang akan diterapkan di dalam suatu organisasi dapat memenuhi kebutuhan pengguna yang bersangkutan. Pemenuhan kebutuhan pengguna tersebut nantinya akan dapat memberikan kepuasan kepada para pengguna jasa sistem informasi dan memotivasi mereka untuk melakukan pekerjaan mereka secara optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh partisipasi pemakai terhadap kepuasan pemakai dalam proses pengembangan sistem informasi dan Untuk menguji faktor kontijensi yaitu komunikasi pemakaipengembang sebagai moderating variable dalam pengembangan sistem informasi. Obyek penelitian ini adalah para karyawan Direktorat Personalia dan Umum PT. (Persero) Pelabuhan Indonesia III Surabaya yang memakai sistem informasi yang berjumlah 30 orang. Dengan menggunakan teknik pengambilan sampel metode sensus, dimana seluruh anggota populasi dijadikan sampel penelitian. Model analisis yang digunakan untuk menguji hipotesis yang diajukan adalah Analisis Regresi, Residual dan Pengujian Hipotesis. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan maka dapat diketahui hasil dari pengujian validitas untuk variabel partisipasi (X1), komunikasi pemakaipengembang (Z) dan kepuasan pemakai (Y) telah valid karena keseluruhan nilai korelasi yang dimiliki oleh masing-masing butir pertanyaan memiliki tingkat signifikan yang berada dibawah batas yang digunakan yakni sebesar 0,05. Kemudian untuk pengujian reliabilitas dapat diketahui nilai Cronbach Alpha dari masing-masing variabel diperoleh nilai yang lebih besar dari batas yang ditentukan yakni sebesar 0,60. selain itu juga dapat diketahui persamaan regresi linier sederhan yang didapat adalah Y= 6,763 + 0,306 X1 Hasil pengujian nilai hubungan/koefisien korelasi partisipasi dengan kepuasan pemakai yang ditunjukkan oleh nilai R adalah sebesar 0,389, dan nilai pengaruh/koefisien determinasi yang ditunjukkan oleh nilai R2 sebesar 0,151, selain itu ditemukan juga bahwa variabel komunikasi pemakai pengembang sebagai variabel moderating dengan nilai koefisien regresi sebesar -1,078 serta memiliki taraf signifikan sebesar 0,020. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan diketahui bahwa pada PT.(Persero) Pelabuhan Indonesia III partisipasi memiliki pengaruh terhadap kepuasan pemakai meskipun dengan nilai nilai R2 sebesar 0,151, serta dapat dibuktikan bahwa secara nyata variabel partisipasi memberikan nilai koefisien 2,234 dengan probabilitas signifikansi 0,034. hal ini berarti variabel partisipasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pemakai.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B 239/10 Wib p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | CONSUMER SATISFACTION | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD6958.5-6976 Industrial relations | ||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Nn Luluk Lusiana | ||||||
Date Deposited: | 04 Mar 2011 12:00 | ||||||
Last Modified: | 08 Sep 2016 08:52 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/723 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |