PENGARUH FEATURE COMPLEXITY DAN DESIGN COMPLEXITY TERHADAP ATTITUDES TOWARD AD, ATTITUDES TOWARD BRAND DAN PURCHASE INTENTION KONSUMEN PADA PERIKLANAN PRODUK FASHION DI INSTAGRAM

MUHAMMAD MIFTACHUDIN, 041411231198 (2018) PENGARUH FEATURE COMPLEXITY DAN DESIGN COMPLEXITY TERHADAP ATTITUDES TOWARD AD, ATTITUDES TOWARD BRAND DAN PURCHASE INTENTION KONSUMEN PADA PERIKLANAN PRODUK FASHION DI INSTAGRAM. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
B. 103-18 Mif p Abstrak.pdf

Download (25kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
B. 103-18 Mif p.pdf
Restricted to Registered users only until 18 May 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini menguji perbedaan attitudes toward ad dan attitudes toward brand pada produk fashion berdasarkan strategi feature complexity dan design complexity pada periklanan Instagram menggunakan uji MANOVA, kemudian dikaitkan dengan purchase intention konsumen menggunakan uji regresi berganda, dilanjutkan dengan uji pengaruh attitudes toward ad terhadap attitudes toward brand menggunakan uji regresi linear sederhana. Penelitian ini menggunakan desain faktorial 2 (feature complexity low vs high) x 2 (design complexity low vs high) dan menggunakan teknik random assignment pada 200 partisipan mahasiswa. Sebelum dilakukan main test, dalam penelitian ini dilakukan pretest untuk menentukan produk fashion apa yang paling sering dicari informasinya di Instagram dimana kaos adalah produk terpilih, kemudian dilanjutkan dengan cek manipulasi untuk memastikan bahwa partisipan memahami stimuli hasil manipulasi peneliti. Variabel terukur attitudes toward ad (5 indikator), attitudes toward brand (6 indikator), dan purchase intention (5 indikator) diukur dengan masing-masing skala Likert 5 poin. Dalam penelitian ini, pada main effect ditemukan bahwa strategi design complexity yang berbeda memiliki perbedaan yang signifikan pada attitudes toward ad, attitudes toward brand, sedangkan strategi feature complexity yang berbeda tidak menghasilkan perbedaan yang signifikan terhadap attitudes toward ad, attitudes toward brand. Pada interaction effect ditemukan bahwa kombinasi feature complexity dan design complexity menghasilkan perbedaan yang signifikan pada attitudes toward brand, sedangkan tidak signifikan pengaruhnya pada attitudes toward ad. Selain itu, dalam penelitian ini terbukti bahwa attitudes toward ad berpengaruh positif pada attitudes toward brand, kemudian attitudes toward ad dan attitudes toward brand berpengaruh positif terhadap purchase intention.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B. 103-18 Mif p
Uncontrolled Keywords: feature complexity, design complexity, attitudes toward ad, attitudes toward brand, purchase intention, MANOVA, regresi linear berganda, regresi linear sederhana.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5437-5444 Purchasing. Selling. Sales personnel. Sales executives
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD MIFTACHUDIN, 041411231198UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSony Kusumasondjaja, SE., M.Com., Ph.D,UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 17 May 2018 17:43
Last Modified: 17 May 2018 17:43
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72365
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item