MAKNA NASIONALISME DI KALANGAN ATLET (Studi pada atlet-atlet nasional di Jawa Timur)

Fachriza Rosyadi, 071311433079 (2018) MAKNA NASIONALISME DI KALANGAN ATLET (Studi pada atlet-atlet nasional di Jawa Timur). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.26 18 Ros m.pdf

Download (42kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.26 18 Ros m.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.26 18 Ros m.pdf

Download (65kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Studi ini dilatarbelakangi oleh perkembangan prestasi olahraga yang semakin terlihat kemajuannya. Hal ini dilihat dari berbagai pertandingan internasional yang diikuti oleh Indonesia. Pastinya atlet-atlet yang mendapatkan kesempatan untuk bisa menjadi wakil Indonesia di kancah internasional merupakan atlet-atlet pilihan dan telah memiliki banyak prestasi yang membanggakan mulai dari prestasi nasional bahkan hingga internasional. Oleh karena itu studi lebih memfokuskan pada makna nasionalisme di kalangan atlet nasional Studi ini membahas tentang kehidupan para atlet dari awal mula masuk ke dunia olahraga hingga menjadi wakil Indonesia dan sering memberikan prestasi yang membanggakan untuk Indonesia. Paradigma yang digunakan dalam penelitian ini adalah paradigma definisi sosial dengan pendekatan kualitatif. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Konstruksi Sosial oleh Peter L. Berger dan juga Teori Identitas oleh Chris Barker. Informan yang diambil dalam penelitian ini berjumlah tujuh atlet-atlet nasional yang berada di Jawa Timur. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam. Hasil penelitian ini adalah proses untuk bisa menjadi atlet yang berprestasi tidaklah mudah dan dibutuhkan banyak pengorbanan. Para atlet nasional yang telah menjadi wakil indonesia di kancah internasional memiliki kebanggaan karena telah berkesempatan membawa nama Indonesia di kancah internasional. Masih kurangnya fasilitas dan juga pengalaman para pelatih membuat para atlet lebih memilih berlatih di luar negeri dengan dilatih oleh pelatih asing. Para atlet nasional memiliki makna nasionalisme berdasarkan pengalaman-pengalaman yang telah mereka lakukan yaitu Indonesia merupakan tempat lahir para atlet nasional sehingga para atlet ingin selalu memberikan yang terbaik untuk Indonesia di kancah internasional dan juga masih ada atlet yang berjuang untuk Indonesia hanya untuk mencari penghargaan yang akan diberikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.26/18 Ros m
Uncontrolled Keywords: atlet nasional, nasionalisme
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM435-477 History of sociology. History of sociological theory
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM661-696 Social control
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Fachriza Rosyadi, 071311433079UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSutinah, Dr., Dra., MS.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Jun 2018 18:05
Last Modified: 03 Jun 2018 18:05
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72466
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item