MAKNA PENGOBATAN ALTERNATIF PIJAT TUSUK JARI (Studi Kasus di Pengobatan Alternatif Pijat Tusuk Jari H.Ali Mustofa)

MUHAMMAD FIRDAUS, 071411431014 (2018) MAKNA PENGOBATAN ALTERNATIF PIJAT TUSUK JARI (Studi Kasus di Pengobatan Alternatif Pijat Tusuk Jari H.Ali Mustofa). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.32 18 Fir m.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.32 18 Fir m.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.32 18 Fir m.pdf

Download (94kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Kesehatan adalah keadaan seseorang manusia yang berada dalam kondisi sejahterah fisik, jiwa dan sosial yang berfungsi secara optimal dalam kehidupanya. Sering kali kesehatan seseorang terganggu dan menghambat kegiatan manusia karena terkendala penyakit yang dideritanya. Keadaan sakit tersebut akhirnya membuat seseorang harus melakukan pengobatan untuk mendapatkan keadaan sehatnya kembali. Masyarakat pada saat ini telah diberikan berbagai macam metode pengobatan seperti halnya pengobatan modern atau medis, namun sebagian masyarakat masih tetap menggunakan pengobatan alternatif pijat tusuk jari yang tradisioanal karena berbagai macam kelebihan pengobatan tersebut, sehingga membuat rasa penasaran peneliti untuk melakukan penelitian mengenai makna pengobatan alternatif pijat tusuk jari dan proses pengobatan tersebut. Untuk menganalisa permasalahan tersebut peneliti menggunakan teori Fenomenologi Alfred Schutz dan teori Interaksinosis Simbolik Helbert Blumer sedangkan untuk metode penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam. Lokasi penelitian ini berada di pengobatan alternatif pijat tusuk jari miliki H. Ali Mustofa dikarenakan pengobatan altenatif pijat tusuk jari tersebut adalah pengobatan altermatif yang banyak diakses oleh masyarakat sebagai metode pegobatan dalam menyembuhkan penakit yang diderita. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa setiap pasien yang datang melakukan pengobatan pijat tusuk jari tersebut memiliki makna tersendiri pada pengobatan alternatif pijat tusuk jari. Makna tersebut diperoleh melalui pengalaman dan pemahaman mengenai pengobatan altenatif pijat tusuk jari tersebut. Makna pengobatan tusuk jari tersebut juga diperoleh melalui hubungan interaksi yang terjadi di lingkungan pasien. Proses pengobatan yang praktis serta ekonomis juga menjadi kelebihan dalam pengobatan tersebut, hubungan antara pemijat dan pasien yang baik juga membuat setiap pasien yang datang berobat merasakan kenyamanan dalam melakukan pengobatan alternatif pijat tusuk jari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.32/18 Fir m
Uncontrolled Keywords: Kesehatan, Pengobatan Pijat Tusuk Jari, Fenomonologi, Interkasi Simbolik
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM1001-1281 Social psychology > HM1106-1171 Interpersonal relations. Social behavior
H Social Sciences > HM Sociology > HM(1)-1281 Sociology > HM481-554 Theory. Method. Relations to other subjects
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
MUHAMMAD FIRDAUS, 071411431014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorKarnaji, S.Sos., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Jun 2018 19:16
Last Modified: 03 Jun 2018 19:16
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72474
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item