WARIA ISLAMI (Studi tentang Komitmen Religiusitas pada Waria yang Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta)

Wifkil Mu’tamiroh, 0714114331014 (2018) WARIA ISLAMI (Studi tentang Komitmen Religiusitas pada Waria yang Mengikuti Kegiatan Keagamaan di Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_Fis.S.36 18 Mu't w.pdf

Download (63kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_Fis.S.36 18 Mu't w.pdf
Restricted to Registered users only until 4 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
[img]
Preview
Text (JURNAL)
JURNAL_Fis.S.36 18 Mu't w.pdf

Download (74kB) | Preview
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Waria di Indonesia merupakan fenomena yang tidak asing, namun deskriminasi ditengah masyarakat terutama dalam hal beragama masih ada. Adanya deskriminasi tersebut, memunculkan perjuangan waria yaitu berdirinya Pesantren Waria Al-Fatah Yogyakarta. Pesantren ini masih mendapat pandangan negatif dari masyarakat tanpa mengetahui sisi kereligiusan yang dimiliki waria. Dari latar belakang tersebut penelitian ini memfokuskan kepada komitmen religius dan orientasi tindakan waria dalam mengikuti kegiatan keagamaan di pesantren. Penelitian ini menggunakan data-data kualitatif dengan teori religiusitas dari R.Stark dan C.Y Glock serta teori tindakan sosial dari Max Weber. Metode pengumpulan informan dilakukan secara purposive, dan didapatkan tujuh informan. Hasil dari penelitian ini adalah waria yang tinggal di dalam pesantren dan memiliki orientasi tindakan rasional instrumental serta berorientasi nilai, dalam memutuskan untuk bergabung di pesantren didasari oleh keinginan memperoleh manfaat secara spiritualitas, lebih mendalami agama, ingin terjalin ukhwah islamiah, dan merasa tidak memiliki manfaat ketika hanya diam di kos. Waria yang tinggal di dalam pesantren dan memiliki orientasi tindakan tradisional serta afeksi, dalam memutuskan untuk bergabung dengan pesantren didasari oleh adanya rasa ketertarikan ketika melihat teman waria lain mengikuti kegiatan keagamaan dan sudah tinggal di tempat tersebut sebelum berubah menjadi pesantren. Waria yang tinggal di luar pesantren memiliki orientasi tindakan rasional berorientasi nilai karena dalam memutuskan mengikuti kegiatan keagamaan di dasari dengan tujuan ingin belajar ilmu agama di tempat yang pasti, didukung dengan teman-teman waria, pengajar dan pemimpin pesantren yang bersifat terbuka. Waria yang tinggal di pesantren memiliki komitmen religius yang berbeda, sementara waria yang tinggal di luar pesantren memiliki komitmen religius yang sama dalam dimensi keyakinan, ritual dan pengetahuan, namun memiliki perbedaan dalam dimensi pengalaman dan konsekuensi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 Fis.S.36/18 Mu't w
Uncontrolled Keywords: Komitmen Religius, Pesantren Waria, Tindakan, Waria
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > HN1-995 Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT51-1595 Communities. Classes. Races > HT51-65 Human settlements. Communities
Divisions: 07. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Creators:
CreatorsNIM
Wifkil Mu’tamiroh, 0714114331014UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorUdji Asiyah, Dra., MSi.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 03 Jun 2018 21:30
Last Modified: 03 Jun 2018 21:30
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72482
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item