KAJIAN TAKSONOMI MOLEKULER SPESIMEN Taphozous melanopogon DAN Taphozous saccolaimus DARI GUA PUCAKWANGI KECAMATAN BABAT, LAMONGAN

NABILATUN NISA’, 081411431026 (2018) KAJIAN TAKSONOMI MOLEKULER SPESIMEN Taphozous melanopogon DAN Taphozous saccolaimus DARI GUA PUCAKWANGI KECAMATAN BABAT, LAMONGAN. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (Abstrak)
MPB. 14-18 Nis k Abstrak.pdf

Download (84kB) | Preview
[img] Text (Fulltext)
MPB. 14-18 Nis k.pdf
Restricted to Registered users only until 5 June 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui identitas dua jenis spesimen dari Genus Taphozous yang berasal dari Gua Pucakwangi, Kecamatan Babat, Lamongan dan tersimpan di Laboratorium Biosistematika Departemen Biologi Universitas Airlangga. Terdapat lima ekor spesimen T. melanopogon dan tiga ekor spesimen T. Saccolaimus. Kedua spesies ini sulit dibedakan akibat karakter morfologinya sangat mirip sehingga sering menimbulkan kerancuan. Dua metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pencandraan karakter morfologi pembeda antar kedua jenis spesimen tersebut dan DNA Barcoding menggunakan gen COI pada mtDNA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara morfologi, seluruh spesimen tidak memiliki karakter morfologi yang berbeda. Karakter khas yang dimiliki oleh seluruh spesimen adalah adanya kantung pada sayap, sehingga keseluruhan spesimen memiliki kemiripan yang sangat tinggi dengan T. melanopogon. Hasil DNA Barcoding dengan gen COI juga menunjukkan kesamaan sekuens yang sangat tinggi antar spesimen, hanya terdapat satu variasi basa saja yaitu pada basa ke-320 (A/G), namun perbedaan ini tidak menimbulkan perbedaan asam amino yaitu tetap mengkode glutamat. Hasil BLAST juga menunjukkan bahwa sekuens sampel memiliki kemiripan 97-98% dengan spesies Taphozous melanopogon voucher ROM MAM 111014 dengan E value 0,0. Sehingga dapat dikonfirmasi bahwa seluruh spesimen merupakan satu spesies yang sama, yaitu Taphozous melanopogon.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK MPB. 14-18 Nis k
Uncontrolled Keywords: DNA Barcoding, Gua Pucakwangi Babat – Lamongan, Taphozous melanopogon, Taphozous saccolaimus
Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: 08. Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi
Creators:
CreatorsNIM
NABILATUN NISA’, 081411431026UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBambang Irawan, Prof. Dr., M. Sc.UNSPECIFIED
Thesis advisorM. Hilman Fuadil Amin, S. Si., M. Si.UNSPECIFIED
Depositing User: Tatik Poedjijarti
Date Deposited: 04 Jun 2018 17:10
Last Modified: 04 Jun 2018 17:10
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72488
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item