MOTIVASI BERGABUNG KOMUNITAS MEREK DAN PEMBERIAN CUSTOMER FORGIVENESS PADA KLUB SEPAK BOLA PSS SLEMAN (Studi Kasus Pada Komunitas Brigata Curva Sud 1976)

IAN BAGASTARA INASYASAMIN, 041311231092 (2018) MOTIVASI BERGABUNG KOMUNITAS MEREK DAN PEMBERIAN CUSTOMER FORGIVENESS PADA KLUB SEPAK BOLA PSS SLEMAN (Studi Kasus Pada Komunitas Brigata Curva Sud 1976). Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_B.116 18 Ina m.pdf

Download (260kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_B.116 18 Ina m.pdf
Restricted to Registered users only until 7 June 2021.

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Dunia persepakbolaan Indonesia telah bergeser menjadi dunia industri. Hal ini membuat sepakbola tidak hanya sekedar olahraga, klub sepakbola sekarang merupakan ―brand‖ yang penting dalam menggaet investor, penjualan tiket, merchandise, hak siar, dan sponsor. PSS Sleman merupakan klub yang mampu bertransformasi dari klub perserikatan menjadi klub yang mandiri. Brigata Curva Sud sebagai pendukung garis keras beraliran ultras telah mendapatkan predikat sebagai supporter terbaik se-Asia versi Copa90, namun hal ini tidak diikuti dengan prestasi baik yang diberikan oleh PSS Sleman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengapa komunitas supporter Brigata Curva Sud 1976 bersedia memberikan forgiveness terhadap PSS Sleman. Narasumber pada penelitian ini adalah anggota komunitas Brigata Curva Sud aktif dan beberapa triangulator dari pihak media dan pengamat sepak bola. Wawancara yang dilakukan oleh peneliti bertempat di daerah Sleman Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode in-depth interview. Teknik pemilihan sampel pada penelitian ini menggunakan pengumpulan data dengan purposive sampling. Penelitian membahas motivasi bergabungnya anggota komunitas merek Brigata Curva Sud 1976. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa forgiveness iyang diberikan oleh Brigata Curva Sud terhadap PSS Sleman dipengaruhi oleh tiga faktor , yaitu loyalitas terhadap merek, kepercayaan terhadap merek, serta identitas atau kebanggan daerah mereka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.116/18 Ina m
Uncontrolled Keywords: Sepak Bola, PSS Sleman, Brigata Curva Sud, Brand Community, Customer Forgiveness, Brand Loyalty, Trust in a Brand, Social Identity.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > BF501-504.3 Motivation
H Social Sciences > HG Finance > HG4001-4285 Finance management. Business finance.Corporation finance
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
IAN BAGASTARA INASYASAMIN, 041311231092UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorBadri Munir Sukoco, Prof., SE., MBA., PhD.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 06 Jun 2018 20:46
Last Modified: 06 Jun 2018 20:46
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72541
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item