EFEKTIVITAS PEMBERIAN NITROBACTER TERHADAP KUALITAS AIR IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) DENGAN KEPADATAN BERBEDA DALAM SISTEM AKUAPONIK = EFFECTIVENESS OF NITROBACTER GRANTING TO THE WATER QUALITY OF DUMBO CATFISH (Clarias sp.) WITH DIFFERENT DENSITY IN AQUAPONIC SYSTEM

KHANSAA KHAIRUNNISAA NAJLAA, 141411131077 (2018) EFEKTIVITAS PEMBERIAN NITROBACTER TERHADAP KUALITAS AIR IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) DENGAN KEPADATAN BERBEDA DALAM SISTEM AKUAPONIK = EFFECTIVENESS OF NITROBACTER GRANTING TO THE WATER QUALITY OF DUMBO CATFISH (Clarias sp.) WITH DIFFERENT DENSITY IN AQUAPONIC SYSTEM. Skripsi thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKC KK PK.BP.56-18 Naj e ABSTRAK.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKC KK PK.BP.56-18 Naj e SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2021.

Download (836kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele dumbo merupakan komoditas ikan yang mudah untuk dibudidayakan di tempat dengan lahan sempit dan terbatas, juga sama dengan tanaman kangkung air yang memiliki akar cukup kuat untuk dapat tumbuh baik pada lahan yang terbatas. Peranan pemberian bakteri Nitrobacter adalah dengan mengurangi peningkatan senyawa amonia dan nitrit di perairan sehingga dapat menghasilkan kandungan nitrat yang tinggi untuk diserap olah akar tanaman agar tumbuh dengan optimal. Sistem akuaponik merupakan sistem dengan adanya dua komoditas yang saling berkaitan yaitu ikan dan tanaman air yang berfungsi untuk meminimalisir lahan dan biaya produksi budidaya agar menghasilkan pertumbuhan ikan dan tanaman yang optimal dengan mengurangi tingkat setres dan penyakit karena kadar amonia dan nitrit yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui padat tebar ikan lele dumbo yang efektif untuk kualitas air dengan pemberian Nitrobacter pada sistem akuaponik. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan metode RAL yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan dengan padat tebar berbeda yaitu P0 = 30 ekor/15L tanpa pemberian Nitrobacter; sedangkan P1 = 30 ekor/15L; P2 = 35 ekor/15L; P3 = 40 ekor/15L; P4 = 45 ekor/15L dengan pemberian Nitrobacter 1 x 108 CFU/ml. Parameter penelitian yang diamati adalah kadar amonia, nitrit, nitrat, pengukuran suhu, DO, pH, dan pertumbuhan tanaman kangkung air awal dan akhir. Hasil perhitungan uji Analisis of Varian (ANOVA) menunjukkan bahwa pemberian Nitrobacter pada padat tebar ikan lele dumbo yang berbeda dalam sistem akuaponik sangat berbeda nyata (p<0,01) terhadap kualitas air. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa perlakuan terbaik dengan padat tebar yang efektif terhadap kualitas air adalah P4 dengan pengukuran kadar amonia, nitrit dan nitrat selama penelitian menunjukkan bahwa perlakuan P0 sangat berbeda nyata (p<0,01) dengan perlakuan P1, P2, P3 dan P4 dengan nilai amonia sebesar 0,1608 mg/L, kadar nitrit yaitu sebesar 0,0355 mg/L dan kadar nitrat sebesar 4,6548 mg/L dengan padat tebar 45 ekor/15L (3000/m³). Hasil pengukuran kualitas air pendukung semua perlakuan mengalami penurunan dan peningkatan. Kualitas air pendukung tersebut adalah suhu, pH, dan oksigen terlarut. Penurunan dan peningkatan pada kualitas air pendukung ini disebabkan oleh faktor biomassa bakteri Nitrobacter yang semakin banyak. Parameter lain yang diamati selain kualitas air pendukung adalah pertumbuhan tanaman kangkung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.56/18 Naj e
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
KHANSAA KHAIRUNNISAA NAJLAA, 141411131077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogo, S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., MP.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Jun 2018 19:55
Last Modified: 20 Jun 2018 19:55
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72597
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item