EFEKTIFITAS PEMBERIAN NITROBACTER TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK, KELANGSUNGAN HIDUP (SR), DAN RASIO KONVERSI PAKAN (FCR) IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) DENGAN KEPADATAN BERBEDA DALAM SISTEM AKUAPONIK = EFFECTIVENESS OF NITROBACTER ON SPECIFIC GROWTH RATE, SURVIVAL RATE (SR), AND FEED CONVERSION RATIO (FCR) OF DUMBO CATFISH (Clarias sp.) WITH DENSITY DIFFERENT IN THE AQUAPONIC SYSTEM

ADINDA SEPTYASARI TARAGUSTI, 141411131075 (2018) EFEKTIFITAS PEMBERIAN NITROBACTER TERHADAP LAJU PERTUMBUHAN SPESIFIK, KELANGSUNGAN HIDUP (SR), DAN RASIO KONVERSI PAKAN (FCR) IKAN LELE DUMBO (Clarias sp.) DENGAN KEPADATAN BERBEDA DALAM SISTEM AKUAPONIK = EFFECTIVENESS OF NITROBACTER ON SPECIFIC GROWTH RATE, SURVIVAL RATE (SR), AND FEED CONVERSION RATIO (FCR) OF DUMBO CATFISH (Clarias sp.) WITH DENSITY DIFFERENT IN THE AQUAPONIC SYSTEM. Skripsi thesis, Univeritas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRACT)
KKKC KK PK.BP.57-18 Tar e ABSTRAK.pdf

Download (161kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
KKKC KK PK.BP.57-18 Tar e SKRIPSI.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2021.

Download (773kB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Ikan lele dumbo (Clarias sp.) merupakan salah satu komoditas perikanan air tawar yang banyak dibudidayakan di Indonesia karena produksinya terus meningkat. Meningkatnya produksi ikan lele berakibat pada penambahan area lahan budidaya dan penggunaan air, sehingga perlu dibutuhkan suatu teknologi dalam budidaya ikan lele dengan padat tebar tinggi yang bisa diterapkan pada lahan sempit dan sumber air terbatas yaitu sistem akuaponik. Sistem akuaponik merupakan sistem dengan adanya dua komoditas yang saling berkaitan yaitu ikan dan tanaman air yang berfungsi menghasilkan pertumbuhan ikan dan tanaman yang optimal dengan mengurangi tingkat setres dan penyakit karena kadar amonia dan nitrit yang tinggi. Peranan pemberian Nitrobacter adalah dengan mengurangi peningkatan senyawa ammonia dan nitrit di perairan sehingga dapat menghasilkan kandungan nitrat yang tinggi untuk diserap olah akar tanaman agar tumbuh dengan optimal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui padat tebar ikan lele dumbo yang efektif untuk terhadap laju pertumbuha, kelangsungan hidup, dan rasio konversi pakan dengan pemberian Nitrobacter pada sistem akuaponik. Penelitian ini bersifat eksperimental dengan menggunakan metode RAL yang terdiri dari 5 perlakuan dan 4 ulangan dengan padat tebar berbeda yaitu P0 = 30 ekor/15L tanpa Nitrobacter; sedangkan P1 = 30 ekor/15L; P2 = 35 ekor/15L; P3 = 40 ekor/15L; P4 = 45 ekor/15L dengan Nitrobacter 1 x 108 CFU/ml. Parameter penelitian yang diamati adalah laju pertumbuhan spesifik, kelangsungan hidup, dan rasio konversi pakan. Pertumbuhan tanaman kangkung air di amati awal dan akhir penelitian. Analisis data diolah dengan menggunakan ANOVA dan dilanjutkan Uji Berganda Duncan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pemberian Nitrobacter pada padat tebar ikan yang berbeda dalam sistem akuaponik sangat berbeda nyata (p<0,01) terhadap laju pertumbuhan spesifik, kelangsungan hidup, dan rasio konversi pakan ikan lele dumbo. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai laju pertumbuhan spesifik tertinggi (5,05%), kelangsungan hidup tertinggi (92,77%) terdapat pada perlakuan P4 dan rasio konversi pakan tertinggi (1,06) terdapat pada perlakuan P0 (kontrol). Nilai laju pertumbuhan spesifik terendah (2,81%), tingkat kelangsungan hidup terendah (41,66%) terdapat pada perlakuan P0 (kontrol), dan rasio konversi pakan terendah (0,92) terdapat pada perlakuan P4.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKC KK PK.BP.57/18 Tar e
Subjects: Q Science > QL Zoology > QL614-639.8 Fishes
Divisions: 14. Fakultas Perikanan dan Kelautan > Manajemen Kesehatan Ikan & Budidaya Perikanan
Creators:
CreatorsNIM
ADINDA SEPTYASARI TARAGUSTI, 141411131075UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorPrayogo, S.Pi., MP.UNSPECIFIED
Thesis advisorBoedi Setya Rahardja, Ir., M.Kes.UNSPECIFIED
Depositing User: mrs hoeroestijati beta
Date Deposited: 20 Jun 2018 20:13
Last Modified: 20 Jun 2018 20:13
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72602
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item