ALIF PARAHITA, 041411231123 (2018) PENGARUH ONLINE BRAND COMMUNITY VALUE CO-CREATION, ONLINE BRAND COMMUNITY COMMITMENT, DAN BRAND RELATIONSHIP QUALITY TERHADAP BRAND LOYALTY ANGGOTA KOMUNITAS MEREK ONLINE SEPEDA MOTOR SUZUKI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_B.131 18 Par p.pdf Download (32kB) | Preview |
|
Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_B.131 18 Par p.pdf Restricted to Registered users only until 21 June 2021. Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Indonesia memiliki potensi besar di industri sepeda motor, menduduki peringkat terbesar ketiga setelah Cina dan India. Setiap tahunnya produksi motor di Indonesia selalu fluktuatif. Suzuki sebagai salah satu dari empat produsen motor terkenal di Indonesia memiliki sejarah yang menarik, dimana selama 15 tahun terakhir mengalami penurunan baru terlihat kebangkitannya di pasar pada awal tahun 2017. Pada waktu yang bersamaan, aktivitas ko-kreasi nilai yang ada di dalam komunitas online Suzuki di Facebook meningkat secara signifikan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh online brand community value co-creation, online brand community commitment, dan brand relationship quality terhadap brand loyalty pada anggota komunitas online Suzuki. Responden pada penelitian ini terdiri dari konsumen Suzuki yang bergabung dalam anggota komunitas online Suzuki di Facebook. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang menguji beberapa hipotesis menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modeling) dan software SmartPLS 3.0. Data primer penelitian diperoleh melalui kuisioner yang disebar secara online melalui grup komunitas Suzuki di Facebook, dengan meraih jumlah responden sebanyak 381 orang. Hasil penelitian ini mengindikasikan bahwa online brand community value co-creation dapat secara positif mempengaruhi online brand community commitment dan brand relationship quality, tetapi tidak terdapat pengaruh antara online brand community commitment terhadap brand loyalty. Hubungan antara online brand community commitment dan brand loyalty harus terlebih dahulu dimediasi oleh brand relationship quality.
Item Type: | Thesis (Skripsi) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | KKB KK-2 B.131/18 Par p | ||||||
Uncontrolled Keywords: | Brand community, social exchange theory, online brand community value co-creation, online brand community commitment, brand relationship quality, brand loyalty, Suzuki Indonesia | ||||||
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28-70 Management. Industrial Management H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products |
||||||
Divisions: | 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen | ||||||
Creators: |
|
||||||
Contributors: |
|
||||||
Depositing User: | Mrs Nadia Tsaurah | ||||||
Date Deposited: | 20 Jun 2018 20:56 | ||||||
Last Modified: | 20 Jun 2018 20:56 | ||||||
URI: | http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72604 | ||||||
Sosial Share: | |||||||
Actions (login required)
View Item |