PENGARUH MESSAGE FRAMING DAN ADVERTISING APPEAL TERHADAP BRAND ATTITUDE DAN PURCHASE INTENTION DENGAN SELF CONSTRUAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI

DIAN AYU WIJAYANTI, 041511223077 (2018) PENGARUH MESSAGE FRAMING DAN ADVERTISING APPEAL TERHADAP BRAND ATTITUDE DAN PURCHASE INTENTION DENGAN SELF CONSTRUAL SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Skripsi thesis, Universitas Airlangga.

[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK_B.134 18 Wij p.pdf

Download (26kB) | Preview
[img] Text (FULLTEXT)
FULLTEXT_B.134 18 Wij p.pdf
Restricted to Registered users only until 21 June 2021.

Download (1MB) | Request a copy
Official URL: http://lib.unair.ac.id

Abstract

Pemanasan global memberikan dampak negatif yang besar dan dapat mempengaruhi hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat. Kondisi ini membuat masyarakat mulai membuka mata dan peduli terhadap isu lingkungan yang sedang terjadi saat ini. Produk ramah lingkungan (green product) di Indonesia dengan iklan yang mengandung konteks green advertising masih sangat sedikit. Sebagian iklan di media dibingkai dengan menyelipkan pesan yang kurang menonjolkan konteks atau pesan ramah lingkungan. Penelitian ini menguji perbedaan Brand Attitude berdasarkan gain dan loss message framing, menguji efek moderasi Self construal, dan menguji perbedaan Brand Attitude berdasarkan Advertising Appeal antara Personal Health Benefit serta menguji adanya pengaruh brand attitude terhadap purchase intention. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa Terdapat perbedaan sikap terhadap merek berdasarkan jenis message framing yang digunakan pada produk masker wajah Natural Fiber; dimana merek yang ditampilkan secara gain menghasilkan sikap terhadap iklan yang lebih tinggi dibandingkan merek yang ditampilkan secara loss. Produk yang diiklankan dengan advertising appeals berupa environmental health appeal menghasilkan sikap terhadap merek yang lebih tinggi dibandingkan produk yang diiklankan dengan personal health appeals. Serta adanya interaksi yang positif diantara message framing dan self construal terhadap sikap merek pada produk masker wajah Natural Fiber; dimana produk yang diiklankan dengan gain message framing menghasilkan sikap terhadap merek yang lebih tinggi pada independent self construal. Sikap terhadap merek berpengaruh positif atas niat beli pada masker wajah Natural Fiber.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: KKB KK-2 B.134/18 Wij p
Uncontrolled Keywords: Message Framing, Advertising Appeal, Self Construal, Brand Attitude, Purchase Intention, ANOVA, Regresi Linier Sederhana.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5001-6182 Business
H Social Sciences > HF Commerce > HF5410-5417.5 Marketing. Distribution of products
Divisions: 04. Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen
Creators:
CreatorsNIM
DIAN AYU WIJAYANTI, 041511223077UNSPECIFIED
Contributors:
ContributionNameNIDN / NIDK
Thesis advisorSri Gunawan, DBA.UNSPECIFIED
Depositing User: Mrs Nadia Tsaurah
Date Deposited: 20 Jun 2018 21:07
Last Modified: 20 Jun 2018 21:07
URI: http://repository.unair.ac.id/id/eprint/72607
Sosial Share:

Actions (login required)

View Item View Item